Tips Memilih Travel Umrah Sesuai Saran dari Kementerian Agama

 

Assalamu'alaikum para perindu Baitullah,
Sekarang Pemerintah Arab Saudi sudah membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah secara normal untuk jamaah seluruh dunia.

Travel-travel umrah di Indonesia kembali bergeliat menawarkan program-program umrahnya dan sudah mulai mengirimkan jamaah-jamaahnya ke Baitullah.
Buat kalian yang sudah rindu dengan Baitullah dan ingin sekali berangkat umrah, ada tips nih untuk memilih travel umrah sesuai dengan saran dari Kementerian Agama, supaya terhindar dari travel abal-abal yang merugikan jamaah.


Yuk kita bahas satu per satu ya...

1. TRAVEL BERIZIN UMRAH

Pastikan travel umrah yang akan kita pakai sudah terdaftar dan mempunyai izin di Kementerian Agama. Cara ngeceknya adalah dengan membuka  https://simpu.kemenag.go.id/  kemudian tulis nama travel atau nama perusahaan travelnya di tempat pencarian yang sudah disediakan.
tampilan https://simpu.kemenag.go.id/ untuk cek izin travel umrah

Cara serupa juga bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Umrah Cerdas di Hp.



2. JADWAL KEBERANGKATAN DAN PENERBANGAN

Travel umrah yang baik pasti sudah mempunyai jadwal keberangkatan di setiap programnya. Tanggal berapa, bulan apa, berapa hari perjalanannya. Mereka juga sudah punya itinerary rincinya. Jikalau ada perubahan misalnya geser tanggal, biasanya masih tetap di minggu dan bulan yang sama. 

Selain itu, travel yang baik juga pasti sudah menyebutkan maskapai penerbangan yang akan digunakan. Apakah langsung/direct atau transit. Apakah maskapai full cost, atau low cost.
Jika memakai maskapai penerbangan langsung bisa dicek akan mendarat di mana. Apakah Jeddah atau Madinah. Jika transit, pastikan maskapai tersebut hanya transit 1 kali di negara asal maskapai. 
Untuk penerbangan langsung, maskapai yang biasa digunakan adalah Garuda Indonesia dan Saudia untuk full cost, serta Lion Air untuk low cost
Penerbangan transit yang biasa dipakai adalah Emirates transit di Dubai, Qatar transit di Doha, Etihad transit di Abu Dhabi, Oman transit di Muscat, dan Turkish transit di Istanbul.


3. HARGA DAN PAKET LAYANANNYA

Untuk harga termurah paket umrah reguler saat ini (tahun 2022) sekitar 28 juta sudah termasuk asuransi, biaya perlengkapan, serta manasik.
Setiap harga paket yang ditawarkan harus dicek dulu layanannya dapat apa saja, seperti: maskapai, hotel, jumlah hari, bus yang dipakai, makan harus 3 kali sudah fullboard di hotel atau nasi kotak atau kupon di food court, ada tour tambahan atau tidak (misal tour ke Thaif atau program umrah lanjutan ke Aqsa, Turki, Dubai, dll), sudah termasuk biaya handling, perlengkapan, manasik dan asuransi atau belum.

Biasanya harga paket yang tercantum adalah diluar biaya pebuatan paspor, suntik meningitis, tiket domestik dari daerah asal ke embarkasi keberangkatan, kelebihan bagasi, dan biaya keperluan pribadi.



4. HOTELNYA

Hotel yang dipakai harus minimal bintang 3 dan satu kamar paling banyak 4 orang (harga paket termurah).  Kenapa? Karena hotel bintang 3 ini jaraknya sudah lumayan jauh dari masjid. Kalau di Makah maksimal jarak hotel ke masjid adalah 1 km (ring 2) dan Madinah hotel harus masih masuk dalam wilayah Markaziyah. Kalian bisa cek hotel dan jaraknya ke masjid dari google map.

Oia, hotel bintang 3 di Saudi itu beda ya standarnya dengan hotel bintang 3 di Indonesia. Kalau di Saudi, hotel bintang 3 nya itu fasilitas, kebersihan, dan pelayanannya macam hotel bintang 2 atau bintang 1 di Indonesia. hehehe


5. VISANYA

Travel umrah yang baik punya jaminan visa pasti keluar. Apalagi kalau travel tersebut adalah provider visa. Jika dokumen sudah lengkap, pembuatan visa itu tidaklah lama, bahkan kurang dari seminggu. 
Pastikan maksimal 3 hari sebelum keberangkatan, visa sudah terbit dan tertempel di paspor kita.


Berikut adalah Standar Pelayanan Minimal Ibadah Umrah yang harus diberikan dari travel umrah ke jamaah:


Silakan dicek en ricek dulu ya teman, sebelum memutuskan untuk memilih travel umrah yang akan dipakai.

Saya doakan semoga yang akan berangkat umrah diberikan kesehatan, kelancaran & kemudahan. Bagi yang belum tercapai keinginannya untuk umrah, semoga dimampukan dan disegerakan oleh ï·².



0 komentar

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,