Mana Masjid Al-Aqsa yang Benar? [Palestina]

yang manakah Masjidil Aqsa?

Udah tahun 2019, tapi masih aja ada orang yang eyel-eyelan tentang mana Masjid Al-Aqsa yang benar. Yang satu bilang Masjid Al-Aqsa yang benar itu yang kubahnya kuning emas, lainnya bilang kalau Masjid Al-Aqsa yang benar yang kubahnya hitam. Masing-masing saling ngotot pendapatnya yang paling benar. Wes gak onok sing gelem ngalah blas, apalagi yang eyel-eyelan itu emak-emak, sein kiri belok kanan.


Ajaibnya lagi, kemarin nemu biro travel yang baru buka rute ziarah ke Al-Aqsa untuk pertama kalinya dan doi promosi bahwa Masjid Al-Aqsa yang benar itu yang kubah hitam, bukan yang kubah kuning emas.  Oalah, meskipun travel itu baru pertama kali buka rute Al-Aqsa dan yang punya travel pun belum pernah sampai ke sana, tapi mbok yo sebelum ngiklan itu cari referensi dan baca-baca dulu. Kan udah banyak yes, ustadz-ustadz ahi sejarah dan buku-buku yang membahas Masjid Al-Aqsa. Bukan hanya menerima info yang beredar di medsos atau berita internet yang entah dari mana sumbernya. Ngeri aja gitu kalo ngasih informasi yang salah ke banyak orang, apalagi orang-orang yang masih polos dan hobi menelan mentah-mentah nggak pakai dipikir dulu tapi jempolnya cepet banget mencet tombol share. Ujung-ujungnya entar berantem lagi. 

Lelah hayati similikithi....

Oia, saya nulis ini bukannya yang paling tau banget tentang Al-Aqsa ya, tapi dengan keterbatasan yang ada, saya yang masih fakir ilmu ini berusaha keras untuk riset dan belajar dulu dari berbagai sumber yang terpercaya sebelum membagikan informasi. 

Memang sih, agak sulit mencari referensi tentang Al-Aqsa 'garis lurus' di internet. Soalnya yang banyak beredar bahkan yang terpampang nyata di google map pun semua versi zionis israel. Ngeri kejebak sama propaganda mereka kan ya. Sampai-sampai saya sempat punya pikiran buat ngedigit sendiri peta kota tua Al-Quds/Yerusalem Timur tapi untungnya keburu sadar, mbok ora usah aneh-aneh, keburu tulisan ini basi karena udah kelamaan ngendon di draft.

Baca juga: Jangan Malas Membaca


Baiklah, pembukaannya udah kepanjangan, sekarang kita mulai bahas ya.... 



Dalam salah satu haditsnya, Rasulallah ﷺ bersabda:
“Janganlah (kalian) mengkhususkan melakukan perjalanan (jauh) kecuali menuju tiga masjid, (yaitu) Masjidil Haram (Mekkah), Masjidku (masjid Nabawi Madinah), dan masjid al-Aqsa (Palestina)”.
(H.R. Bukhari-Muslim).


Manakah Masjid Al-Aqsa yang benar?

Masjid Al-Aqsa atau sering disebut Masjidil Aqsha atau nama lainnya adalah Al-Masjid Al-Aqsa/Bait Al-Maqdis/Al-Baitu Al-Muqoddas/Bait Al-Quds/Baitul Maqdis/Al-Haram Ash-Sharif sejatinya adalah nama tempat, bukan nama sebuah bangunan. 
Masjid Al-Aqsa adalah tanah dan segala bangunan yang berada di dalam sebuah kompleks yang dipagari oleh tembok pembatas dengan 15 pintu gerbang yang pada jaman now ini beberapa pintunya sudah ditutup permanen.
Kompleks ini terletak di dalam kota tua Al-Quds yang dikelilingi oleh tembok benteng khas kota tua jaman dulu. 

Seperti kita ketahui bersama, bahwa ciri khas kota tua pada zaman dahulu kala biasanya dibangun di atas bukit dan dikelilingi oleh benteng pertahanan. Di dalam benteng ini berisi layaknya sebuah kota, ada rumah-rumah penduduk, sekolah, kawasan perbelanjaan, gang-gang, lorong-lorong, dll. Di puncak bukitnya biasanya dibangun tempat suci atau tempat untuk beribadah.


Nah, kota tua Al-Quds ini pun sama. Dikelilingi oleh tembok benteng dengan 9 pintu gerbang untuk masuk ke dalam kota tua. Di dataran yang paling tinggi dari kota tua inilah terletak kompleks Masjid Al-Aqsa.

kota tua Al-Quds
Gerbang Herodes, salah satu gerbang untuk masuk ke kota tua Al-Quds dan yang paling dekat jaraknya menuju Masjid Al-Aqsa

Gerbang Herodes (Herod's Gate) adalah pintu gerbang benteng kota tua yang paling dekat jaraknya dengan kompleks Masjid Al-Aqsa, sekitar 700 meter. Biasanya peziarah dari negara kita selalu masuk dari gerbang ini. Untuk sampai ke kompleks Masjid Al-Aqsa kita mesti jalan kaki melewati gang-gang  dengan jalan batu, kadang nanjak pakai ramp kadang harus lewat beberapa anak tangga dengan pemandangan kanan kiri bangunan batu khas Palestina. Ada rumah-rumah penduduk, toko, warung, sekolah, masjid, gereja, dll.
kota tua al-quds
jalanan di dalam benteng kota tua Al-Quds



Kompleks Masjid Al-Aqsa

Berbentuk persegi panjang tidak sama sisi, dengan luas total sekitar 14,4 hektar. Sisi Selatan panjangnya 281 meter, sisi Timur 462 meter, sisi Utara 310 meter, dan sisi Barat panjangnya 491 meter.
Kompleks ini berisi: 7 bangunan masjid, menara, kubah, madrasah, ruwaq (lorong), baikah (arc/lengkungan), mimbar, sabil (tempat wudhu), bi'ir (sumur), mihrab, masthabah (teras batu), taman, kantor para imam masjid, dll.
kompleks Masjid Al-Aqsa (foto: ilmfeed.com)




Masjid-masjid yang ada di dalam kompleks Masjid Al-Aqsa:

1. Masjid Al-Qibli (Al-Jami' Al-Qibli)

Adalah masjid utama (masjid jami') tempat diselenggarakan salat berjamaah 5 waktu dan salat Jum'at. Dinamakan Masjid Qibli karena letaknya di sebelah Selatan searah dengan kiblat. Kubahnya berwarna hitam. Masjid ini didirikan oleh Khilafat Bani Umayyah dan disempurnakan pada masa anaknya Al-Walid bin Abdul Malik antara tahun 86-96 Hijriyah/707-714 masehi.
Luasnya mencapai 4.000 m2 dengan tinggi 17 meter, panjang 80 meter, lebar 55 meter, dan memiliki 11 pintu masuk dan dapat menampung 5.500 jamaah.   
masjid jami' al qibli
Masjid Jami' Al-Qibli (yang kubahnya hitam)


2. Masjid Qubatush Sakhrah (Dome of the Rock/kubah batu)

Dibangun oleh Khilafah Abdul Malik bin Marwan (65-86 Hijriyah/691 M), berbentuk segi delapan. Di tengah bangunan masjid ada Ash-Shakhrah Al-Musyarrafah (batu yang dimuliakan). Bukan batu gantung seperti mitos yang beredar di kebanyakan masyarakat kita. 

Qubatush Sakhrah / Dome of the Rock
Qubatush Sakhrah (Dome of the Rock/kubah batu)



3. Masjid Al-Marwani

Adalah masjid terbesar di kompleks Al-Aqsa. Dibangun di masa Umawiyah dengan tujuan agar halaman sisi Selatan dan Utara sama rata. Masjid ini luasnya lebih dari 4.000 m2 dan terdiri dari 16 lorong dan terletak di basement.


4. Masjid Al-Qadim

Merupakan bangunan kuno yang letaknya di bawah (basement) Masjid Al-Qibli. Dibangun pada masa Umawiyah, terdiri dari 2 lorong dan dapat menampung 1.000 jamaah. 
masjid al-Aqsa
tangga ke basement Masjid Al-Qibli, menuju ke pintu masuk Masjid Al-Qodim 


5. Masjid Al-Buraq

Letaknya di bawah (basement) Pintu Al-Magharibah. Untuk menuju ke masjid mesti menuruni 38 anak tangga menuju ke bawah. Diyakini menjadi tempat Rasulullah menambatkan Buraq saat Isra' mi'raj.


6. Masjid Al-Maghribah

Dibangun oleh Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi pada tahun 590 H/1193 H, dan pernah dipakai salat oleh Imam Maliki. Saat ini dipakai sebagai ruangan utama museum Islam.


7. Masjid An-Nisa'

Pada zaman Shalahuddin Al-Ayyubi menjadikan masjid ini untuk tempat salat jamaah perempuan. Saat ini dipakai sebagai tambahan ruangan museum Islam dan sebagai perpustakaan umum.


masjid al-aqsa
Masjid Al-Aqsa (gambar: Islamic Landmarks)

Baca juga: Pengalaman Menegangkan Berkunjung ke Masjid Ibrahimi



Kesimpulan:

Masjid Al-Aqsa itu bukan hanya 1 bangunan masjid aja. Bukan hanya masjid yang kubahnya hitam saja atau yang kubahnya emas saja. Masjid Al-Aqsa adalah sebuah kompleks yang isinya ada beberapa masjid, tanah, pelataran, dan bangunan lainnya yang dibatasi oleh tembok.
Konsepnya mirip Masjidil Haram. Masjidil Haram itu bukan hanya kakbah saja, tapi semua wilayah masjid dan pelatarannya dengan batas tanah haram.
Kita bisa mendirikan salat di mana saja selama masih di dalam kompleks. Pahalanya dihitung sama, baik saat kita shalat di dalam bangunan masjid maupun salat di pelatarannya.
Jadi jangan salah paham apalagi eyel-eyelan antara kubah hitam vs kubah emas, ya! Karena dua-duanya adalah termasuk bangunan yang ada di Masjid Al-Aqsa.
masjid al-aqsa
Masjid Al-Aqsa (gambar: Friends Of Al-Aqsa)

Masjid Al-Aqsa adalah masjid yang harus kita bebaskan dari penjajah zionis israel yang sampai hari ini mereka masih berupaya menghancurkan dengan berbagai cara karena mereka akan mengganti Masjid Al-Aqsa dengan kuil Sulaiman. Padahal UNESCO sudah menyatakan bahwa Masjid Al-Aqsa adalah situs suci dan tempat ibadah milik umat Islam.

Pembebasan Al-Aqsa ini bukan hanya tanggung jawab umat Islam di Al-Quds atau di Palestina saja tetapi tanggung jawab seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia, termasuk kita yang ada di Indonesia ini.
Maka salah satu pesan dari Syeikh Yusuf Abu Snaina, imam Masjid Al-Aqsa yang sempat saya temui di sana: datanglah ke Al-Aqsa, ramaikan Al-Aqsa seramai Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Buktikan pada penjajah jika Al-Aqsa ini ada pemiliknya. Pemilik Al-Aqsa adalah kita, ummat Islam di berbagai penjuru dunia, yang suatu hari nanti akan membebaskan Al-Aqsa dari segala bentuk penjajahan zionis israel laknatullah.
Jika belum mampu untuk datang, bantulah saudara-saudara kita yang sedang berjuang di sana. Selalu doakan mereka.





BERSAMBUNG
إِنْ شَاءَ اَللَّه 

28 komentar

  1. Suka sama paragraf penutupnya. " DATANGLAH ! perlihatkan bahwa Masjid Al Aqsa ada pemiliknya "

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo datanglah... datanglah....
      #pasangtoa

      Delete
  2. berarti kayak kompleks gitu ya mba...ternyata banyak juga ya mesjid didalamnya saya kira cuma 2 atau 3 mesjid saja. salam kenal mba dita :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. Al-Aqsa adalah kompleks.
      salam kenal juga... terima kasih udah mampir sini :D

      Delete
  3. Pengetahuan baru bagi saya nih mba, saya malah baru tau ada yang eyel2an mana tuh masjid Al Aqsa nya heheheh

    Sedih ya mba, tanah yang seharusnya suci, tapi jadi rebutan, seolah tanah di bumi ini terlalu sempit.
    kadnag saya berpikir, mengapa sih Allah, nurunin para nabi semua di Arab? sedangkan belahan dunia ini besar.

    makasih udah sharing ini mba, semacam pengingat bagi saya, bahwa ada saudara2 kita di sana yang butuh bantuan meski sekadar doa dalam membebaskan masjid Al Aqsa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. karena ada propaganda dari zionis israel yang menghembuskan berita yang tidak sesuai dengan fakta. nah, netijen ini jadi kebawa propaganda tanpa ada riset dulu.
      kalau ada rezeki, jangan lupa datang ke Al-Aqsa ya, mbak :D

      Delete
  4. baru tau saya mbak bahwa mesjid aqsa itu sebuah komplek dan bukan hanya 1 bangunan begitu. betapa minimnya pengengetahuan saya ini :( Terimakasih mbak atas informasinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, mbak.
      semoga bermanfaat & terima kasih ya udah mampir :)

      Delete
  5. makaasih sharingnya, bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.
      terima kasih juga mbak Tira, udah mampir :)

      Delete
  6. Masjid ini masuk dlm wishlist saya semoga kesampaian, aminn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...
      semoga dimudahkan menuju ke Al-Aqsa

      Delete
  7. SUNGGUH KU BARU TAHUUUUUUUUUU. duh berasa jadi awam banget. dulu saya kira masjidnya yang kubah hitam itu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau bermanfaat jadi nambah pengetahuan.
      terima kasih udah mampir :)

      Delete
  8. Wahhh jadi mupeng kesini jugaaa aaaaa

    ReplyDelete
  9. Sampai merinding saya baca. Terutama paragraf penutupnya. Semoga suatu waktu, saya juga suami dan anak anak bisa berkunjung juga ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...
      semoga dimudahkan untuk ke Masjid Al-Aqsa

      Delete
  10. suka bnget sama artikel nya.
    pengetahuan baru buat aku karena selama ini ku pikir masjid al-aqsa itu ya cuma 1 bangunan gitu. eh, ternyata sebuah kompleks yaa..

    terimakasih mba sharingnya..

    ReplyDelete
  11. Wah baru tahu loh, selama ini memang bingung antara masjid al aqsa itu bangunannya cuma satu masjid, tapi ternyata bentuknya kompleks ya. Btw, aku pengin deh suatu hari kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah disegerakan ke Masjid Aqsa ya, mbak

      Delete
  12. Wah ternyata saya juga masih miskin ilmu ya. Baru tau kalau Masjidil Aqsa adalah kompleks seperti Masjidil Haram.
    Semoga Masjidil Aqsa senantiasa terlindungi. Jadi tergugah hatinya buat umrah ngambil paket sekalian ke Masjidil Aqsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....
      semoga niat umrah lanjutan ke Aqsa segera terlaksana dan dimudahkan Allah.

      Delete
  13. bismillah..semoga ada usia untuk mengunjunginya..aamiin. aku mikirnya juga nama 1 masjid loh mbak..Ya Allah fakir ilmu banget aku ini.mksh mbak sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah mbak Novya juga bisa ke sana ya...

      Delete
  14. aku baru tahu loh soal ini. keren banget ya.. semoga disegerakan bisa kesana ngajak kedua orang tua, aminnnnn

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,