Etika Menggunakan Toilet Umum

by - Friday, September 07, 2018

cara menggunakan toilet umum yang baik dan benar

Sebagai traveler pasti kita sering dong menggunakan toilet umum, setidaknya minimal di bandara atau di mall. Suka kesel nggak sih kalau antrean kita diserobot orang atau kita dapat bilik toilet yang kotor karena pemakai sebelumnya jorok?
Nah, menggunakan toilet umum ini ada etikanya lho...


Budaya mengantre di Indonesia memang kacau banget. Rasa-rasanya cuma di bank aja yang antreannya rapi, itu pun karena ada nomor antreannya. Selebihnya ya bablas angine.
Di toilet umum, banyak orang yang mengantre di depan pintu bilik. Padahal cara antre seperti itu sungguh tidak adil dan berpotensi mendzalimi orang lain. Belum lagi ada aja orang yang menyerobot antrean dengan dalih 'udah kebelet'. Yaelaaa.... orang yang dateng  antre ke toilet ya udah pasti kebelet lah, bro. Emang cuma situ doang yang kebelet?

saya pernah ditegur mbak-mbak janitor di terminal 2 CGK, gara-gara saya antre dengan baik dan benar di ujung bilik (bukan di depan bilik). 
Kata mbak janitor: "mbak, kalau antre jangan di situ, langsung di depan bilik aja. Nanti nggak kebagian lo, diserobotin orang. Dii sini tuh nggak kayak di luar negeri!".
Weeelhadhalah....  kita bener kok malah ditegur.
Mbak janitor ini mungkin belum paham tata cara mengantre yang baik dan benar. Padahal kalau dia tahu, dia bisa membantu mensosialisasikan cara mengantre yang baik dan benar ke pada pengguna toilet yang dibersihkannya.

Lalu gimana sih caranya mengantre di toilet umum yang benar dan adil?
Silakan disimak gambar berikut ini:
etika menggunakan toilet dan cara mengantre di toilet
cara mengantre di toilet umum
Persoalan lain yang sering muncul di toilet Indonesia adalah toilet yang kotor. Ada aja orang yang buang sampahnya asal dan nggak mau bilas jejaknya, main tinggal aja trus keluar dengan tampang tanpa dosa. Alasannya kadang agak ngeselin: "kan ada petugas kebersihannya". Seolah-olah kebersihan toilet itu adalah tugas janitor dan kita bisa seenaknya aja ngotorin toilet. Hellaw....
Ada juga orang yang suka siram-siram air di toilet kering. Yang ada toilet jadi becek. Mungkin dia nggak tau apa bedanya toilet kering, toilet basah, dan kamar mandi.
Orang yang berlama-lama dalam bilik pun kerap kita jumpai. Kebiasaan di rumah, berlama-lama di kamar mandi sambil ngelamun bahkan sambil nonton drama Korea, eh kebawa sampai toilet umum. Nggak sadar kalau di luar masih banyak orang yang ngantre.

Nah, buat ngingetin aja nih, ada 9 petunjuk menggunakan toilet yang mungkin berguna buat kalian. Bisa juga diinfokan ke orang-orang di sekitar kalian, demi kemaslahatan bersama. 
petunjuk penggunaan toilet umum
cara penggunaan toilet umum
lady bin/sanitary bin - tempat sampah khusus pembalut
Kalau hal yang 'kecil' begini diabaikan, efeknya hal yang 'besar' pasti akan berantakan, macet, deadlock, kuldesak. 
Ingat, perbuatan mengambil hak orang lain dan mendzalimi orang lain semua akan dihisab dimintai pertanggungjawaban di hari akhir.

Berawal dari kesadaran diri sendiri dan jangan ragu untuk mengingatkan orang lain pasti akan membawa kebaikan. InsyaAllah kedepannya Indonesia bisa lebih bersih dan rapi.

Kamu punya pengalaman tentang toilet umum? boleh dishare di kotak komentar ya... :)


doa masuk dan keluar kamar mandi
jangan lupa berdoa

You May Also Like

18 komentar

  1. Wah betul banget tuh mbk etika di toilet umum. Tp masih sering jg yg ngelanggar, apalgi poin buang sampah. Makasih sudah mengingatkan mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  2. Sering banget sih kslo di stasiun kereta. Dimana ibu ibu berebut masuk karena alasan kebelet. Belum lagi sama yang mengantre di depan pintu toilet, padahal di belakang ada antrean panjang yang juga menunggu. Kadang sedihnya, ibu ibu itu atributnya religius banget. Sedih sekaligus miris.

    Semoga kita nggak jadi orang tua yang nggak mencontohkan anaknya untuk pandai dan sabar mengantre.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. dimulai dari disiplin diri sendiri, semoga bisa menjadi contoh yang baik untuk anak-anak dan orang lain di sekitar kita :)

      Delete
  3. Ini kayaknya harus aku tempel di toilet kantor ye bucet cewek cewek pada jorok bet! Pake tisu udah gaya nimba air, banyak banget zzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mbak, kalau mau diprint trus ditempel di toilet kantor. semoga membantu menyadarkan mereka...
      hehehe

      Delete
  4. Alhamdulillah 9 poin dari petunjuk penggunaan toilet umum sudah saya lakukan. Tapi kalau urusan antri itu saya baru tahu lho. Soalnya selama ini ya ikutan orang-orang aja ngantrinya di depan bilik. Makasih sharingnya, Mba :D

    ReplyDelete
  5. Ini keren banget. Thankyou udah sharing yg banyak manfaat kaya gini mbak.

    ReplyDelete
  6. Sering sekali mememukan orang2 yg ng paham tentang antre...,kadang saya udah bela2in antri tp yg ngelanggar nyantai banget ya Allah..
    Smga sj diberi dihidayah dan baca tulisan ini ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang kita terdzalimi hanya karena toilet. hiks...
      semoga hal seperti ini bisa disosialisasikan sejak dini terutama di sekolah, supaya nanti gedenya udah terbiasa tertib.

      Delete
  7. Dsni masih susah banget liat org mau tertib antri di toilet umum.

    ReplyDelete
  8. nah ini mba paling sebel kalo orang sebelum saya ninggalin jejak kotor, entah gak tau cara nyiramnya, terburu-buru atau masa bodo, kesel.

    tapi seingat saya terakhir waktu ngegunain toilet di bandara, beberapa pengunjung kok terasa cukup tertib pdhl lumayan juga antriannya..hahaha..apa kebetulan aja ya. tapi ini yg saya tau di Ind blm ada edukasi ttg tata cara penggunaan toilet / antri yang baik ya mba..minimal stiker gitu.


    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di bandara CGK agak lumayan tertib, mbak. meski kalo rame kadang rusuh juga, terutama toilet yang sebelum boarding room.
      tapi di bandara-bandara lain di Indonesia, whuaaa.... mesti ditegor dulu baru tertib.

      bener banget, minimal ada stiker yah, biar pada baca sebelum masuk bilik toilet.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar :)