Etika Menggunakan Toilet Umum

by - Friday, September 07, 2018

Sebagai traveler pasti kita sering dong menggunakan toilet umum, setidaknya minimal di bandara atau di mall. Suka kesel nggak sih kalau antrean kita diserobot orang atau kita dapat bilik toilet yang kotor karena pemakai sebelumnya jorok?
Nah, menggunakan toilet umum ini ada etikanya lho...


Budaya mengantre di Indonesia memang kacau banget. Rasa-rasanya cuma di bank aja yang antreannya rapi, itu pun karena ada nomor antreannya. Selebihnya ya bablas angine.
Di toilet umum, banyak orang yang mengantre di depan pintu bilik. Padahal cara antre seperti itu sungguh tidak adil dan berpotensi mendzalimi orang lain. Belum lagi ada aja orang yang menyerobot antrean dengan dalih 'udah kebelet'. Yaelaaa.... orang yang dateng  antre ke toilet ya udah pasti kebelet lah, bro. Emang cuma situ doang yang kebelet?

Lalu gimana sih caranya mengantre di toilet umum yang benar dan adil?
Silakan disimak gambar berikut ini:
Cara Mengantre di Toilet Umum
Persoalan lain yang sering muncul di toilet Indonesia adalah toilet yang kotor. Ada aja orang yang buang sampahnya asal dan nggak mau bilas jejaknya, main tinggal aja trus keluar dengan tampang tanpa dosa. Alasannya kadang agak ngeselin: "kan ada petugas kebersihannya". Seolah-olah kebersihan toilet itu adalah tugas janitor dan kita bisa seenaknya aja ngotorin toilet. Hellaw....
Ada juga orang yang suka siram-siram air di toilet kering. Yang ada toilet jadi becek. Mungkin dia nggak tau apa bedanya toilet kering, toilet basah, dan kamar mandi.
Orang yang berlama-lama dalam bilik pun kerap kita jumpai. Kebiasaan di rumah, berlama-lama di kamar mandi sambil ngelamun bahkan sambil nonton drama Korea, eh kebawa sampai toilet umum. Nggak sadar kalau di luar masih banyak orang yang ngantre.

Nah, buat ngingetin aja nih, ada 9 petunjuk menggunakan toilet yang mungkin berguna buat kalian. Bisa juga diinfokan ke orang-orang di sekitar kalian, demi kemaslahatan bersama. 
Petunjuk Menggunakan Toilet
lady bin/tempat sampah khusus pembalut
Kalau hal yang 'kecil' begini diabaikan, efeknya hal yang 'besar' pasti akan berantakan, macet, deadlock, kuldesak. 
Ingat, perbuatan mengambil hak orang lain dan mendzalimi orang lain semua akan dihisab dimintai pertanggungjawaban di hari akhir.

Berawal dari kesadaran diri sendiri dan jangan ragu untuk mengingatkan orang lain pasti akan membawa kebaikan. InsyaAllah kedepannya Indonesia bisa lebih bersih dan rapi.

Kamu punya pengalaman tentang toilet umum? boleh dishare di kotak komentar ya... :)



You May Also Like

3 komentar

  1. Wah betul banget tuh mbk etika di toilet umum. Tp masih sering jg yg ngelanggar, apalgi poin buang sampah. Makasih sudah mengingatkan mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  2. Sering banget sih kslo di stasiun kereta. Dimana ibu ibu berebut masuk karena alasan kebelet. Belum lagi sama yang mengantre di depan pintu toilet, padahal di belakang ada antrean panjang yang juga menunggu. Kadang sedihnya, ibu ibu itu atributnya religius banget. Sedih sekaligus miris.

    Semoga kita nggak jadi orang tua yang nggak mencontohkan anaknya untuk pandai dan sabar mengantre.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar :)