Hotel Bintang 5 Yang Terdekat Dengan Masjidil Haram Makkah

Hotel Bintang 5 Yang Terdekat Dengan Masjidil Haram Makkah

Assalamualaikum,
Ada nggak kalian atau keluarga yang berencana umroh setelah musim haji ini? atau yang masih bercita-cita umroh dan lagi cari-cari info?
Nah, ada baiknya kalian mengetahui hotel bintang 5 yang terdekat dengan Masjidil Haram Makkah.
Kenapa?
Karena semakin dekat hotel kita dengan Masjidil Haram, semakin kita bisa menghemat waktu tempuh antara hotel dengan masjid dan hemat tenaga juga pastinya.
Jadi nanti kalau kalian mau umrah, pastikan teliti dulu paket umrah yang ditawarkan oleh travel. Dengan harga yang ditawarkan, mereka memakai hotel yang mana. Karena ada juga hotel-hotel bintang lima tapi letaknya agak lumayan geser dari pelataran Masjidil Haram.

Yuk, sekarang kita bahas satu per satu, hotel-hotel apa saja yang letaknya paling dekat dengan Masjidil Haram Makkah.


1. Abraj Al-Bait Complex

Kompleks Abraj Al-Bait ini adalah yang paling terkenal terutama buat jamaah Indonesia yang memilih paket umroh bintang lima. Di kompleks ini ada 8 hotel yang 7 diantaranya adalah bintang 5. Hotel-hotel ini berada di tower-tower di atas pusat perbelanjaan. Jadi kalau mau masuk ke hotelnya mesti masuk ke mall dulu baru naik lift menuju hotel. 

(+):
  • Bangunannya cukup mudah dikenali karena ikonik
  • Buat yang suka belanja atau cuci mata di mall, bisa sekalian sambil lewat
  • Letaknya di depan King Abdul Aziz Gate Masjidil Haram
  • Fasilitas hotel bintang 5 internasional
  • Hotel-hotel di Abrajd Al Bait ini adalah hotel-hotel baru [bangunan baru]

(-):
  • Untuk menuju hotel lumayan membingungkan untuk lansia, karena harus masuk mall yang besar dulu baru naik ke lift menuju ke lantai tertentu.
  • Hotel-hotel bintang lima di sini adalah jaringan internasional. Kebanyakan bahkan hampir semua dari mereka tidak menyediakan kamar dengan fasilitas 3 dan 4 kasur. Jadi untuk jamaah umrah yang memilih paket sekamar bertiga dan berempat, akan mendapatkan kasur tambahan/extra bed yang biasanya speknya berbeda dengan kasur utama. Ada yang kasurnya sama tapi lebarnya beda, ada yang bentuknya sofa bed, ada yang bentuk kasurnya ditaruh di semacam tempat tidur tentara yang kakinya dari besi itu lho, entah apa namanya. Dan karena ada kasur tambahan, letaknya juga jadi kurang rapi (kamar yang seharusnya diisi 2 kasur terus diseselin 1 atau 2 kasur tambahan). Jadi sedikit kurang nyaman & kurang adil ya, buat jamaah umrah yang sekamar bertiga atau berempat. Karena mbayarnya sama tapi dapat kasurnya beda 😁
  • Untuk Swissotel di Al Qibla Tower, masuknya dari jalan Ajyad, jaraknya agak geser dikit, melewati samping Al Safwah Tower.
Hotel Bintang 5 Yang Terdekat Dengan Masjidil Haram Makkah

2. Al Safwah Tower

Di dalam Al Safwah Tower ini terdapat 3 hotel bintang 5 merk lokal Saudi. Letaknya di atas pusat berbelanjaan juga semacam ITC gitu tidak sebesar mall di Abraj Al-Bait. Saya punya hotel favorit di sini yaitu Al-Safwah Royale Orchid, karena tinggal naik eskalator doang dari pintu masuk depan pelataran Masjidil Haram. Nggak perlu mblusuk-mblusuk dulu diantara rerimbunan pertokoan.

(+):
  • Bangunannya cukup mudah diingat karena letaknya di belakang WC laki-laki no.3
  • Letaknya di depan King Abdul Aziz Gate Masjidil Haram
  • Menuju ke hotelnya cukup mudah
  • Yang suka belanja juga bisa sekalian belanja sambil lewat
  • Karena hotel-hotel di sini adalah merk lokal Saudi, maka hampir semua dari mereka menyediakan kamar untuk bertiga dan berempat, tidak memakai kasur tambahan/extra bed. Jadi kamarnya tetap rapi, adil dan nyaman buat jamaah umrah yang memilih sekamar bertiga atau berempat.
  • Harganya juga tidak semahal hotel bintang lima merk internasional

(-):
  • Fasilitas hotel bintang 5 lokal walaupun sebenernya nggak kalah dengan merk internasional
hotel bintang 5 yang terdekat dengan Masjidil Haram Makkah



3. Makkah Hotel & Tower

Makkah Hotel dan Tower ini bangunannya unik khas bangunan Arab Saudi dimasa lalu dilihat dari jendela-jendela kayunya.
Dulu hotel ini adalah Hotel Hilton tapi sekarang sudah berganti menjadi Makkah Hotel & Tower atau sering juga disebut Hotel Hilton lama. Karena Hilton yang baru adanya di Jabal Omar.

(+):
  • Bangunannya cukup mudah diingat karena jendela-jendela kayunya.
  • Ada ada KFC [ini adalah salah satu penanda juga: 'gedung yang ada KFCnya' 😀]
(-):
  • Kamar untuk jamaah yang sekamar bertiga dan berempat kasunya hanya 2 dan sisanya adalah kasur tambahan/extra bed dengan spek yang berbeda. Biasanya kalau di sini kasur tambahannya berupa sofa bed.
  • Hotel ini termasuk hotel lama.

4. Dar Al Tawhid Intercontinental

Hotel ini adalah hotel yang paling mewah dari jaman dulu hingga kini. Letaknya persis di depan King Fahad Extention atau perluasan Masjidil Haram di pintu King Fahad.
Hotel ini merupakan bangunan tunggal hotel. Jadi kita nggak perlu masuk mall dulu baru menuju hotelnya seperti hotel-hotel yang lain yang terdekat di Masjidil Haram. Oleh karena itu, harga hotel ini relatif mahal.


Baca juga: Rahasia Packing Praktis dan Ringan Untuk Hijab Traveler 


Nah, sekarang sudah tahu kan hotel-hotel bintang lima apa saja yang letaknya terdekat dengan Masjidil Haram.

Jadi nanti kalau kalian mau berangkat umrah atau haji plus dan ingin menghemat waktu tempuh antara Masjidil Haram dan hotel, kalian bisa cari tahu dulu paket yang ditawarkan oleh travel. Mereka menawarkan harga sekian dengan penginapan dimana. Jangan sampai harganya paketnya mahal, hotelnya bintang lima tapi bukan salah satu hotel di atas. Itu artinya harganya kemahalan karena hotelnya walaupun bintang lima tapi letaknya agak geser dati Masjidil Haram.

0 komentar

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,