Berkunjung ke Kota Jericho & Maqam Nabi Musa [Palestina]

 berkunjung ke maqam nabi musa di kota jericho palestina
Setelah lolos dari jeratan angkernya pos lintas batas di Allenby Bridge dan shalat Jum'at di Masjid Al-Aqsha, perjalanan dilanjutkan ke Kota Jericho.

Jericho terletak di tepi barat Palestina dekat dengan Sungai Jordan, merupakan kota terendah di dunia karena berada di 1.300 meter di bawah permukaan laut. Saking rendahnya, berada di kota ini kuping kita berasa ketutup mirip ketika kita berada di ketinggian. Mesti banyak-banyak menguap sama ngemut permen dan minum.
Jericho juga merupakan kota tertua di dunia. Menurut hasil penggalian arkeologi Miss Kathleen Kenyon, sudah ada kehidupan sosial di kota ini mulai tahun 8.000-10.000 sebelum masehi. Jericho kuno bernama Tell es-Sultan (Bukit Sultan) berada 2 kilometer sebelah Utara dari pusat kota Jericho baru.

Kota Jericho adalah salah satu kota dibawah kekuasaan Palestina. Terlihat kumal jauh dari yang namanya kota pada umumnya. Banyak bangunan tua yang usang berdebu. Embargo yang dilakukan penjajah di segala bidang, terutama bidang ekonomi membuat kota ini sulit untuk maju.

Elisha Spring Fountain dengan latar belakang reruntuhan kota Jericho Kuno Tell Es-Sultan
Elisha Spring Fountain dengan latar belakang reruntuhan kota Jericho Kuno Tell Es-Sultan
Reruntuhan kota kuno Tell es-Sultan masih ada sampai sekarang. Juga kolam mata air yang terkenal dan menjadi ikon Kota Jericho bernama Elisha Spring Foutain. Situs arkeologi Tell es-Sultan ini masuk dalam daftar UNESCO.
Meskipun berada di kerendahan bumi dan pemandangannya gersang, Jericho adalah kota yang tanahnya sangat subur. Banyak buah-buahan termasuk kurma yang dipanen di kota ini. Seger-seger, gede-gede, dan manis-manis.
Spesial untuk kurmanya, yang terkenal dari Jericho adalah kurma Medjoul, rasanya legit, buahnya besar, bijinya kecil.

Baca juga: Pengalaman Menegangkan Berkunjung ke Masjid Ibrahimi Palestina

Biasanya kita akan diantar oleh tour guide mampir ke toko oleh-oleh milik orang Palestina (bisa muslim atau non muslim). Tidak ada salahnya untuk memborong. Harga-harga sih relatif ngenes buat kantong saya, soalnya bayarnya pakai USD dimana kurs Rupiah sangat meroket menghujam bumi alias ambles tanpa ampun. Barang-barang yang bisa dibeli di sini selain cindera mata sejuta umat: gantungan kunci dan magnet kulkas, ada juga minyak zaitun, kurma dan segala olahannya, bumbu-bumbu, tas kulit, kaos, dll.
Di sekitar toko ada penjual jus buah segar yang murni tanpa campuran, silakan dilarisi sekalian niat membantu perekonomian saudara-saudara kita di Palestina yang sedang terjajah israel laknatullah.
Oia, jangan lupa beli minyak zaitun di Jericho, karena minyak zaitun Jericho kualitasnya no. 1 di dunia seperti yang tertulis dalam Al-Qur'an.

berkunjung ke jericho, kota terendah di dunia
The Lowest Place on Earth
Di Kota Jericho pula diyakini terdapat maqam Nabi Musa ‘alaihis salam yang berada di sebuah masjid. Namun, yang disebut maqam di sini hanyalah sebuah penanda atau semacam memorial bahwa Nabi Musa pernah berada di daerah ini. Sedangkan jasad beliau wallahu a'lam dimakamkan dimana, seperti para nabi-nabi lainnya. Bisa jadi memang di situ atau di tempat lain. Hanya jasad Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang makamnya diketahui dengan yakin, sure, dan pasti berada di Kota Madinah.
Maqam Nabi Musa 'alaihi wa sallam di kota jericho palestina
Maqam Nabi Musa 'alaihi wa sallam
Musa ‘alaihis salam adalah nabi paling mulia di kalangan Bani Israil. Beliau bergelar kalimullah (orang yang diajak bicara langsung oleh ï·² di dunia) dan termasuk salah satu nabi ulul azmi. Dalam al-Quran, perjalanan beliau paling banyak disebutkan  oleh Allah, setelah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian yang menghitung, nama beliau disebutkan sebanyak 136 kali dalam al-Quran.

Baca juga: Pengalaman Menginap di Hotel Orang Yahudi
qur'an surat al ahzab ayat 69


8 komentar

  1. Walaupun kumal, tetapi masih terlihat sisa kecantikannya. Coba ya negaranya gak sedang konflik. Kayaknya bakal cantik kotanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak Myra, andai Palestina tidak sedang dijajah pasti kota-kotanya terlihat cantik dan terawat :)

      Delete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah.
      Semoga mbak Enny nanti juga bisa kesana ya :D

      Delete
  3. senangnya bisa melihat sisi lain dunia meski hanya lewat cerita mbak. ditunggu cerita lain dari belahan dunia lainnya.

    ReplyDelete
  4. Nambah wawasan lagi, nih.. Aku baru tau soal Kota Jericho yg jadi kota terendah dan tertua di dunia.. Jadi pingin ngerasain kurma asli sana.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir, mbak Dita. Nama kita sama loh. hehehe

      semoga kesampaian ngicipin kurma asli Jericho ya.

      Delete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,