Mencicipi Kuliner Cina Muslim di Kuala Lumpur: Restoran Mi Tarik Silu [Malaysia]

restoran mi tarik silu
Satu lagi temuan spektakuler saya saat piknik ke Kuala Lumpur. Spektakuler? hahaha lebay sih. Tapi buat saya ini memang wow banget. Soalnya saya belum pernah nemu di Indonesia, warung mi halal dan enak yang dimiliki orang asli Cina yang muslim.


Pas saya plesir ke Kuala Lumpur minggu kemarin, seperti biasa saya selalu menginap di Tune Hotel Downtown daerah Chow Kit, dan dapet kamar dengan view jalan Tuanku Abdul Rahman (jalan TAR). Pas buka jendela kamar, mata saya tertuju pada warung warna ijo dengan tulisan Restoran Mi Tarik Silu yang nampak mengawe-awe ke arah saya. 
Wah, sejak kapan nih ada warung kece begini, secara waktu awal tahun saya menginap di tempat yang sama, doi belum ada.
mi tarik silu
penampakan Restoran Mi Tarik Silu/Muslim Silu Ramen
Sebagai penggemar mi garis keras, saya langsung ngiler dong lihat warung mi yang letaknya cuma selemparan kolor bayi dari hotel. 
Langsung deh saya melesat ke sana dengan riang gembira.
Pas masuk ke warung pikiran saya langsung melayang teringat Lou Lang Islam Restaurant di Macau. 
Warungnya bersih, ber AC, ada surau, wastafel, dan toilet juga.


Buku menu disodorkan, jreng..jreng... saya bingung milih mau pesan apa, soalnya semua nampak enak-enak dan menggiurkan. Semua mi dibuat handmade dan fresh sama koko koki. Kita bisa liat langsung di balik kaca, si koko banting-banting dan narik-narik mi. Sebuah atraksi yang menarik khas restoran mi Cina.
Untuk minumannya, di sini ada berbagai jenis teh-tehan khas Cina yang disajikan tanpa gula selain minuman yang pada umumnya ada di warung Malaysia.
restoran mi tarik silu
menunya semua bikin ngiler
Restoran ini memang baru sekitar sebulan dibuka, dimiliki oleh Muhammad Liu seorang muslim dari negeri Cina. Asli Cina Daratan ya, bukan Cina Malaysia. Di restoran, ada koko pembuat mi, cici yang merekap pesanan, dan koko yang di kasir. Mereka nggak ada yang mudeng Bahasa Melayu dan Bahasa Inggris. Bahasanya terbatas banget paling banter ngerti angka-angka doang, sisanya cuma ngerti beberapa kata Bahasa Melayu atau Inggris dan mengucapkannya terbata-bata dengan logat Cina. Nasib baik ada mbak-mbak Melayu tukang ngladeni minuman yang berfungsi ganda sebagai penghubung dan nampak stress juga nerjemahin ke cici yang ngrekap pesenan pembeli karena embaknya juga nggak bisa Bahasa Cina. Semoga mbaknya diberi kesabaran, Aamiin...
Pernah suatu hari saya malah ikutan jadi penerjemah pas ada sepasang suami istri Malaysia, mereka baru pertama kali datang ke situ. Pakcik dan makcik  nanya-nanya perihal menu tapi kokonya nggak mudeng, yowes saya yang jelasin sikit-sikit lah sampai mereka berhasil pesen.
silu ramen in the making
kita bisa lihat koko membuat mi pesanan kita
Lha trus piye cara kita mesen? Tenang, nanti kita akan dikasih buku menu, kertas, ama pulpen. Trus di buku menu itu ada nomor-nomor yang tertulis di samping judul masakan/minuman. Nah, kita cukup menuliskan nomor sesuai menu yang kita inginkan. Udah gitu lambaikan tangan ke arah cici. Nanti si cici akan kucluk-kucluk datang menghampirimu dan merekap pesananmu. Habis makan, jangan lupa bayar di kasir ya!
muslim silu ramen
aneka teh di Restoran Mi Tarik Silu
Pada kunjungan saya yang pertama, saya pesan Egg Soup Ramen, temen saya pesen Braise Beef Ramen dan Beef Dumpling.
Ternyata mangkoknya gede, porsinya jumbo dan tentu saja mengenyangkan. Pas lah sama porsi saya dengan perut karet dan usus sepanjang 12 km. Harganya juga nggak mahal dibanding makanan serupa di Jakarta. Sekitar 30-45 ribu rupiah saja perut udah kenyang banget dan udah bisa bikin hati bahagia. Eeaaaa...
Untuk cemilan seperti dumpling seporsinya bisa dimakan rame-rame. Ada beberapa masakan lauk-laukan yang bisa pilih porsi besar atau kecil, tapi porsi kecilnya bisa buat berdua. Jadi pikirkan dulu sebelum memesan biar nggak engap kekenyangan atau malah kebuang mubazir. Karena buang-buang makanan itu dosa, bro!


Rasanya gimana? 
Wuenak buanget! Asli, enak banget!
Mi-nya lembut kuah kaldunya seger banget. Woooh bikin ketagihan pokoknya.
restoran mi tarik silu
dumpling seporsi 20 biji
restoran mi tarik silu
ramen daging dengan kuah kaldu dengan campuran tauco
restoran mi tarik silu
ramen dengan kuah bening segar dan segelundung telur rebus
restoran mi tarik silu
ramen dengan kuah kaldu bening dan irisan daging
Saking doyannya saya, dalam seminggu di Malaysia saya 3x balik ke warung ini sampe kokonya apal. hahaha
Coba kalau nih warung ada di deket kost-an saya, wuaaah betapa bahagianya saya karena kalo jajan nggak perlu naik pesawat dan nglewatin imigrasi dulu.

Restoran ini sekarang menjadi penghuni list kuliner saya dan wajib dikunjungi kalau saya plesiran ke Kuala Lumpur lagi. Semoga Restorannya bertahan lama, laris manis, koko dan cicinya segera bisa Bahasa Melayu dengan baik biar gak roaming melulu, dan semoga saya sering-sering nemu tiket murah ke Kuala Lumpur biar bisa makan di sini lagi. Bagusnya sih kalau mereka buka cabang di deket kost-an saya. hahahaha
Aamiin!


restoran mi tarik silu

Muslim Silu Ramen/Mi Tarik Silu
Alamat: 317 Jalan Tuanku Abdul Rahman, Chow Kit, 50100, Kuala Lumpur, Malaysia.
Buka: jam 10.30-23.00 (kadang jam 9 sudah buka tapi menu belum lengkap)
Stesen terdekat: Monorel Medan Tuanku

23 komentar

  1. ingin ngakak mbak baca "si cici akan kucluk kucluk datang" :" duh jadi lapar lagi lihat foto-foto makanan di warung koko cici ini, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yang nulis aja mendadak jadi lapar trus pengen beli tiket ke KL lagi buat jajan mi di sini. hahahhaa

      Delete
  2. Seru juga kayaknya ya. Jadi pengen ke malaysia juga ^^

    ReplyDelete
  3. Aaaahhhh... kayaknya enak yahh mie nya..
    astagah kuahnya Braise Beef Ramen kok ngundang iler netes banget yak..
    klo ke KL kudu nyoba nih..

    ReplyDelete
  4. Pas liat tulisannya Mie, langsung diklik 🤣🤣🤣 gemes gitu bawaannya kalo baca Mie. Ini aja Blogwalkin sambil makan Mie instant.

    Hmm.. kapan saya bisa ke sana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun kalo seminggu g makan mie berasa ada yang kurang. hahahah
      ayo lah kita budal jajan mie bareng

      Delete
  5. masya Allah itu gbr menu2nya knp bikin ngiler gituuuu.. hiks nyesel aku BW kemari...jadi lafaar

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, jangan nyeseldong mbak... hahahhaa
      yuk kita jajan mie

      Delete
  6. Waduhhh foto-fotonya bikin ngiler, beef dumpling~~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya lebih enak lagi, mbak.. hahahha
      cobain ya kalau pas ke KL

      Delete
  7. Baca ini pas hujan-hujan astagaaaa.. Lihat mie berkuah jadi ngiler sendiri, Mbak.. Makannya pas hangat-hangat gitu.. Mentok bikin mie sedap soto kuah ini mah 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha
      yang penting bisa makan mie, mbak... biar instant juga gakpapa lah ya....

      Delete
  8. Dumplingnya pasti enak, yang pasti halal ya mbak. Makan jadi tenang^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak &halal, mbak.
      aman deh makan sampe nambah-nambah. hahaha

      Delete
  9. Bimin ngilerrr. Semoga Allah menhizinkan saya untuk kesana.

    ReplyDelete
  10. Duuuuh damplingnya mau banget. Ini halal kah? Rada bingung juga ternyata di KL pork itu lebih bebas & banyak drpd Ind, jadinya bolak balik makan nasi kandar. Bosen deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halal mbak, ini kedai cina muslim.
      di KL pork banyak tapi enaknya dia peredarannya jelas.
      biasanya pork cuma di kedai cina non-muslim. dan kalau kita muslim (berhijab) masuk ke kedai yang non-halal mereka pasti tolak kita.

      Delete
  11. Penampakan mienya bikin ngiler. Seumur hidup belum pernah lihat atraksi mie tarik secara langsung, Duh. Semoga buka cabang di Bandung, he he.
    Saya juga penggemar mie, posri demikian bikib penasaran saja. Ah, kapan, ya bisa ke Malaysia dan jalan-jalan ala pelesiran untuk mencicipi kuliner khas yang halal. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, mbak kita.. sama-sama penggemar mie :D
      insyaAllah bisa lah nanti wisata kuliner halal ke Malaysia. Aamiin...

      Delete
  12. Salam3lykoum, im fhive from Kuala Lumpur... Waktu komentar saya lagi makan di resto ini 🙂.. Sy udah lama tau resto ini disini cuna gk ada kesempatan.

    Actually sy juga penggemar mi tarim dari china (muslim). Let me know when you visit KL again, i bring you some other 'mi tarik muslim chinese' restaurant in KL. Yg lebih mantul! 😁

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.