Piknik Ke Laut Mati [Yordania]

by - Friday, June 15, 2018

Piknik ke Laut Mati? Kok semacam nyeremin ya?  hihhhihi
Laut mati memang menyimpan sejarah yang kelam di masa lalu.
  
Laut Mati ini sejatinya adalah sebuah danau air asin yang berlokasi di perbatasan 2 negara, yaitu Yordania dan Israel Palestina. Letaknya 417.5 meter di bawah permukaan laut dan merupakan titik terendah di permukaan bumi.

Kenapa namanya laut mati? 
Karena memang tidak ada kehidupan di dalamnya tersebab air danau mengandung kadar garam yang sangat tinggi (33%). Tidak ada makhluk hidup yang bisa hidup di dalam danau dengan air  berkadar garam setinggi ini.    
Mineral padat yang terkandung di dalamnya juga membuat kita tidak bisa tenggelam di dalam danau. Badan kita akan mengapung jika tercebur ke danau.
Buat yang nggak bisa berenang kayak saya, nggak usah khawatir, karena kalau kita nyebur dijamin nggak akan tenggelam.
Banyak turis yang ngapung-ngapung santai sambil baca koran atau bobok siang.
Tapi hati-hati, airnya jangan sampai nyiprat ke mata karena perih banget.


Lumpur dan garam Laut Mati juga mempunyai khasiat yang sangat ampuh untuk kesehatan kulit dan kecantikan dan banyak dibuat produk-produk kecantikan seperti lulur, scub, dan segala jenis cream-creaman. Produk-produk olahan dari laut mati ini banyak dijual di toko oleh-oleh di Yordania. Harganya lumayan mahal, karena mata uang Yordania adalah mata uang termahal di dunia dan kalau dikurs dengan Rupiah yang nilai tukarnya jembret dijamin bisa menguras kantong seketika.

pesisir danau dan kerak-keraknya adalah garam yang mengkristal
                                         
 Kecantikan Laut mati ini menyimpan sejarah kelam di dalamnya. 
Share

فَلَمَّا جَآءَ أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَٰلِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّن سِجِّيلٍ مَّنضُودٍ
Al Quran surat Huud ayat 82: 
"Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi."

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa  الله  mengazab kaum Luth dengan menjungkirbalikkan Kota Soddom melalui sebuah gempa yang maha dahsyat.
Secara arkeologis dan geologis, Kota Sodom dibangun di pesisir Laut Mati (dulu adalah Danau Luth) yang merupakan zona rawan gempa. 
Menurut Graham Harris, seorang geolog asal Inggris yang melakukan penggalian jejak Kota Soddom menemukan banyak lapisan lahar dan batu yang merupakan bukti bahwa pernah terjadi letusan gunung api dan gempa yang maha dahsyat.
Sedangkan menurut arkeolog asal Jerman, Werner Keller menulis: “Pergeseran patahan membangkitkan tenaga vulkanik yang telah tertidur lama sepanjang patahan. Di lembah yang tinggi di Yordania dekat Bashan, masih terdapat kawah yang menjulang dari gunung api yang telah mati, bentangan lava, dan lapisan basal yang dalam yang telah terdeposit pada permukaan batu kapur.” Di sinilah Sodom dan Gumorah berada, yakni tempat kaum Nabi Luth pernah hidup.

papan instruksi berenang yang banyak terdapat di pinggir danau
Tips berkunjung ke Laut Mati:
1. Cuaca di sana sangat panas, bahkan di musim dingin matahari tetap bersinar dengan gagah berani. Jangan lupa memakai kaca mata hitam dan sun block/sun protector.
2. Jika kamu mau nyebur ke danau, patuhi aturan yang ada. Baca baik-baik papan instruksi yang banyak dipasang di pinggir danau.
3. Setiap hotel/resort/tempat wisata pinggir danau ini menyediakan tempat mandi untuk bilas kalau habis nyebur danau atau habis luluran lumpur Laut Mati.
4. Tetap jaga kebersihan ya, jangan buang sampah sembarangan.




You May Also Like

11 komentar

  1. lumpur laut matinya bisa buat masker wajah, lumayan bikin ilang jerawat mbak hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mbak
      katanya bikin awet muda juga. hahahaha

      Delete
  2. Wah, ternyata itu sejarahnya toh. Kaum yang menyimpang itu dulunya di pesisir laut mati.

    Tapi katanya Lumpurnya banyak khasiat ya. Sayang harganya mehong

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya mahal karena kurs uangnya juga mahal sih, mbak.
      tapi khasiatnya hampir sebanding lah sama harganya. hehehe

      Delete
  3. Mbak, kira-kir habis berapa ya kalo piknik kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal tergantung harga tiket pesawat dan penginapan yang dipilih, mbak.
      kalau saya kemarin ke Yordania karena transit mau ke Palestina, jadi biayanya sepaket.

      Delete
  4. Wah.. jadi pengen kesana Mbak.. tulis juga biaya dong Mbak..

    Btw, Mbak gak mampir ke Al-Aqsha? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbak saya nggak bisa nulis biaya khusus yang ke Laut Mati soalnya ini satu paket sama umrah lanjutan ke Aqsha. hehehe

      Delete
  5. Apa cuma aku yg baru tau kalau laut mati itu sebenarnya danau? Kupikir laut kayak laut-laut yg lain. Lagian juga kan mengandung garam. Baiklah, aku perlu membaca. Terimakasih mba utk sharing nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihihihihihi alhamdulillah kalau bermanfaat.
      terima kasih juga ya mbak, sudah mampir :)

      Delete
  6. MasyaAllah ya..., saking kerennya gitu. Btw garam dari laut mati emang punya mineral yang tinggi banget :D

    acipah.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar :)