Serba Serbi Seoul [Korea Selatan]


Kenapa saya pengen banget pergi ke Seoul (서울) di Korea? Yang jelas bukan karena pengen ketemu artis-artis K-drama, soalnya saya bukan penonton drama. Drama Korea yang pernah saya tonton jumlahnya bisa dihitung dengan jari satu tangan. 
Trus apa dong yang bikin saya tertarik pergi ke Seoul?



1. Tradisional vs Modern
Seoul adalah ibu kota negara Korea Selatan. Sebagai pusat kota yang sangat modern dengan banyak bangunan-bangunan pencakar langit, Seoul juga punya bangunan-bangunan cagar budaya yang cukup banyak dari peninggalan Dinasti Joseon, pun ada kawasan rumah-rumah tradisional berupa hanok village yang cantik. Orang memakai pakaian tradisional Korea (hanbok) pun banyak beredar di jalan-jalan. Tradisional dan modernitas di Seoul hidup berdampingan dengan damai.

2. Arsitektur
Seoul penuh dengan gedung-gedung dan tempat-tempat berarsitektur lucu, aneh, unik, dan kreatif. Arsitektur istana-istana peninggalan masa lalu pun tak kalah menakjubkan. 

3. Aman, nyaman, dan bersih
Seoul termasuk kota yang memiliki tingkat kriminalitas yang rendah dan masyarakatnya taat serta tertib pada aturan yang berlaku membuat kota ini aman dan nyaman untuk dijelajahi traveler. Seoul juga termasuk kota yang bersih. Membuang sampah pun aturannya cukup rumit karena harus dipilah sesuai dengan jenis sampahnya dan ditempatkan di plastik khusus sesuai daerah tempat tinggal. Toilet umum pun bersih, meski tidak tersedia air untuk thaharah/bersuci.

4. Sistem transportasi yang baik
Seoul memiliki sistem transportasi yang baik, jangkauannya luas sampai ke penjuru kota, bersih, aman, nyaman, dan terintergrasi satu dengan yang lain. Ada metro (subway), bus, taxi, bahkan ada sepeda yang bisa disewa untuk umum.

5. Banyak obyek wisata
Seoul memiliki obyek wisata yang cukup lengkap, dari wisata alam, wisata bangunan dan sejarah, wisata belanja, wisata bermain, sampai wisata medis. Wisata alam serta wisata bangunan dan sejarah lah yang membuat saya datang ke Seoul. Penasaran, kira-kira bagus mana dengan yang ada di Indonesia. Wisata belanjanya juga lumayan bikin saya penasaran, terutama kosmetik Korea yang banyak banget variasinya dan dengan harga yang lebih murah dari Indonesia.




6. Makanan
Makanan Korea itu unik dan bikin penasaran karena macamnya banyak dan lucu-lucu. Nah, berhubung makanan-makanan ini tidak semua bisa dimakan untuk muslim, maka kita mesti cari restoran yang menjual masakan korea yang halal. Nah, di Seoul ini banyak ditemukan restoran masakan Korea ataupun masakan negara lain yang halal.

7. Festival dan pertunjukan seni
Seoul memiliki banyak festival sepanjang tahunnya. Pertunjukan seni pun banyak macamnya. Mulai yang gratis seperti street performance sampai pertunjukan di gedung yang tiketnya berbayar. Yang paling membuat saya penasaran adalah pertunjukan gratisan pergantian penjaga istana.

8. Hotspot everywhere
Seoul melalui pemerintahnya telah memasang puluhan ribu zona wifi gratis tanpa perlu login dan masukin password. Lumayan bisa ngirit dan tetep eksis di dunia maya.

9. Orang-orangnya ramah, sopan, dan senang membantu
Mungkin sudah tradisi bahwa orang Korea itu sopan dan ramah, mirip orang Jepang.  Ditambah dengan bidang pariwisata yang sangat didukung oleh pemerintahnya membuat masyarakat sangat welcome dengan turis yang datang dan tidak segan-segan membantu jika turis-turis butuh bantuan.

10. Cheonggyecheon Stream
Sebenarnya termasuk kategori obyek wisata, tapi saya pisahkan menjadi nomer tersendiri karena saya benar-benar penasaran dengan tempat ini. Cheonggyecheon merupakan saksi kehidupan masyarakat Seoul masa lalu. Sebuah sungai sumber kehidupan yang kemudian disulap menjadi jalan layang dan pada akhirnya dihancurkan serta direvitalisasi menjadi kawasan yang sangat cantik.



Kalau kamu gimana?

Share:

4 komentar

  1. Iyes aku juga pingin banget ke Seoul buat ngeliat sisi traditional budaya Korsel.. Bangunannya juga bagus-bagus ya di sana.. Sama pingin kulinernya juga.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mbak Dita, namanya sama nih hehehe
      bangunan di Seoul bagus-bagus, yang tradisional sama yang modern sama bagusnya.
      kulinernya juga enak-enak dan udah banyak yang halal.
      Semoga nanti mbak bisa ke Seoul sama keluarga ya :)

      Delete
  2. Kalau sayasih jujur pengen ketemu artis koreanya, haha... Sampai saya bilang ke anak saya, kamu kuliah jurusan bahasa aja biarbisa bahasa korea trus ajak Bunda ke korea, wwkwk...Maksa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hyahahahaha....
      kasian amat anaknya, mbak :))
      Semoga suatu hari nanti bisa ke Korea ya... syukur2 kalo bisa ketemu artis idolanya :D

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar :)

NO SPAM! NO SARA!