Pengalaman Traveling ke Korea saat Liburan Chuseok [Korea Selatan]

by - Friday, September 28, 2018

Waktu ke Korea tahun lalu, saya nggak sadar kalau di Korea sedang ada libur Chuseok. Baru tau setelah saya masuk obyek wisata istana-istana dan petugas penjual tiket masuk bilang, kalau saya nggak perlu beli tiket alias gratis selama libur Chuseok.

Chuseok adalah salah satu hari libur yang dirayakan besar-besaran di Korea. Kalau bahasa Inggrisnya sih libur thanks giving atau kalau orang kita di desa sih bilangnya hari panen raya. Chuseok dirayakan tiap tahun. Hari H nya adalah hari ke-15 bulan 8 kalender lunar. Tetapi biasanya dirayakan 3 hari, dari 14, 15, 16. 
Untuk tahun 2018 ini, hari Chuseok jatuh pada tangal 23, 24, 25 September.

Tradisi Chuseok ini persis plek alias mirip banget sama tradisi Lebaran di Indonesia.
Kalau Lebaran biasanya dirayakan 2 hari, kalau Chuseok 3 hari. Sama-sama ada tambahan libur (cuti bersama) beberapa hari sebelum dan setelahnya, kalau ditotal bisa libur 5 sampai 10 hari.

Layaknya libur Lebaran, masyarakat Korea saat libur Chuseok juga banyak yang pulang ke kampung halaman alias mudik untuk merayakan Chuseok bersama keluarga. Mereka juga berkunjung ke sanak saudara dan mengunjungi kuburan untuk menghormati para leluhur mereka. 

pengumuman gratis tiket masuk selama libur Cheseok 2017
Pada hari H, banyak toko yang tutup, 2 hari sebelum dan sesudah hari H biasanya toko buka setengah hari atau bisa juga tutup 3 hari penuh.
Selama liburan, banyak masyarakat yang pergi piknik bersama keluarga ke tempat-tempat wisata. Mirip banget di Indonesia, kalau liburan lebaran banyak yang piknik ke taman hiburan atau ke kebun binatang.
Nggak heran kalau terminal, bandara, stasiun, dan tempat-tempat wisata selama cuti liburan Chuseok lebih ramai dari hari biasanya.

Enaknya di Korea selama liburan Chuseok, tempat wisata seperti istana-istana tiket masuknya digratiskan. Lumayan banget buat kita para traveler bisa hemat sampai ₩ 10.000. Nggak enaknya, tempat wisata jadi penuh baget. Kurang sip kalau mau foto-foto karena banyak muka orang masuk ke frame kita.
Songpyeon [송편], kue khas yang wajib ada saat Chuseok

Makanan khas yang biasanya hanya disajikan saat Chuseok adalah songpyeon, (송편 - kue beras berbentuk bulan sabit, isinya kacang atau wijen). Mirip sama mochi.

Selain Songpyeong, ada juga makanan lain yang jadi pendampingnya seperti aneka jeon (전), Hangwa (한과 - biskuit tradisional Korea), muguk (무국 - sup lobak)galbijjim (갈비찜 - iga sapi rebus), japchae (잡채), dll.

Seperti Lebaran di Indonesia yang selalu ada menu wajib ketupat/lontong, opor, nastar, kue lepet, kaastengel, dll. 
Pajeon
Sewaktu saya jajan di warung Hajjsambil menunggu menu pesanan matang, saya disuguhi songpyeong dan aneka jeon. Pemilik warung dengan ramah menjelaskan bahwa songpyeong adalah makanan khas yang hanya ada saat Chuseok dan mereka menyuguhkan kepada kami secara gratis, ditambah dengan aneka pajeon sebagai pendamping cemilannya. Alhamdulillah....
Oia, waktu itu ada perayaan pesta kembang api juga di Sungai Han. Cuma karena saya malas ke TKP, saya cuma nonton dari rooftop rumah mas Joseph aja. hehehe

Kalau kamu pengen ke Korea saat liburan Chuseok tahun 2019, pantengin tanggalnya: 12,13,14 September 2019.
Sebelum pergi, jangan lupa mencatat mana-mana tempat wisata yang tutup di hari  H, dan mana-mana yang tetap buka. Pengumuman itu selalu ada di website KTO setiap tahunnya. 



You May Also Like

6 komentar

  1. Aihhh asik dong bisa masuk ke istana gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak... alhamdulillah, irit... bisa buat jajan bulgogi. hihihi

      Delete
  2. Weeeeh seru banget! Makanan-makanannya juga kok seru sihh apalagi kue-kuenya. Semoga September tahun depan bisa ikutan chuseok ke Korea yeaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin....
      saya juga pengen kesana lagi pas chuseok. cari gratisan. hahahha

      Delete
  3. Waaaah pantesan pas liburan Chuseok drama yang lagi tayang serentak 'puasa'dulu,ya! Semoga tahun depan kesampean ke sana biar banyak gratisan,hehe. Thanks for sharing yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mbak. soalnya tukang dramanya lagi pulang kumpul sama keluarga. hehehe

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar :)