Menelusuri Gua Ashabul Kahfi di Amman [Yordania]

gua ashabul kahfi di amman yordania
Setelah ketemu jarinya mbah Hercules di Amman Citadel, saya dan rombongan gambreng kemudian melanjutkan perjalanan ke Gua Ashabul Kahfi atau Cave of the Seven Sleepers di daerah Abu Alanda, 12 km dari situs Amman Citadel.
Ada 33 gua yang diklaim sebagai lokasi the Seven Sleepers di dunia ini. Tapi menurut penelitian, yang sesuai dengan ciri-ciri dan mendekati dengan kebenaran adalah yang terletak di Amman Yordania ini.

Kisah the Seven Sleepers tertulis dalam Al-Qur'an Surah ke -18, Al-Kahf yang setiap malam Jum'at dan/atau hari Jum'at selalu kita baca.


Baca juga: Ketemu 'Jari Hercules' di Amman Citadel


Ada 7 pemuda beriman dan 1 anjingnya yang lari dari raja Dikyanus yang dzalim dan berlindung di dalam gua dan seperti tertulis dalam Al-Qur'an Surah Al Kahf ayat 10:

"(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, 'Ya Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami'." 
Kemudian Allah menutup telinga mereka di dalam gua itu dan menidurkannya selama 300 tahun ditambah 9 tahun namun mereka hanya merasa berada di dalam gua sehari saja. 
"Dan engkau mengira mereka itu tidak tidur, padahal mereka tidur; dan Kami bolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka membentangkan kedua lengannya di depan pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentu kamu akan berpaling melarikan (diri) dari mereka dan pasti kamu akan dipenuhi rasa takut terhadap mereka." [Q.S. Al-Kahf: 18]
"Dan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun." [Q.S. Al-Kahf: 25]
Ketika Allah bangunkan mereka, salah seorang dari mereka keluar gua menuju kota dengan membawa uang peraknya untuk membeli makanan. Namun yang terjadi adalah zaman telah berubah. Mata uang yang mereka gunakan pun sudah tidak laku lagi. Kemudian pemuda tersebut kembali ke gua sampai akhirnya semuanya meninggal di dalam gua.
"Dan demikianlah kami bangunkan mereka., agar di antara mereka saling bertanya. Salah seorang di antara mereka berkata, "Sudah berapa lama kamu berada (di sini)?" Mereka menjawab, "Kita berada (di sini) sehari atau setengah hari." Berkata (yang lain lagi), "Tuhanmu lebih mengetahui berapa lama kamu berada (di sini). Maka Suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, dan bawalah sebagian makanan itu untukmu, dan hendaklah dia berlaku lemah lembut dan jangan sekali-kali menceritakan halmu kepada siapa pun."[Q.S. Al-Kahf: 19]
gua ashabul kahfi di amman yordania

Penampakan gua sekarang masih bagus. Depannya ada ukiran khas jaman Romawi kuno. Dalamnya lumayan lapang tapi tidak terlalu dalam, cukup dimasuki sekitar 35-45 orang sekaligus. Ada lubang tempat masuknya cahaya, sesuai dengan yang tertulis dalam Al-Qur'an Surah Al-Kahf ayat 17: 
"Dan engkau akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari itu terbenam, menjauhi mereka berada di tempat yang luas di dalam (gua) itu. Itulah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka engkau tidak akan mendapatkan seorang penolong yang dapat memberi petunjuk kepadanya."
Bentuknya lebih seperti ruangan besar lengkap dengan arc dan ukirannya. Bukan seperti Gua Selarong atau Gua Pindul apalagi Gua Pendhem di Indonesia. hehehe



Selain lubang cahaya, juga ada 4 buah kubur batu yang berbentuk seperti peti tapi dari batu yang di salah satu sisinya terdapat ukiran. Peti batu ini 2 terletak di sisi kiri dan 2 di sisi kanan. Salah satu peti batunya ada lubang dengan kaca dimana kita bisa melihat di dalamnya ada tulang belulang manusia yang diyakini sebagai tulang dari 7 pemuda beriman. 


Di sisi lainnya ada ruangan yang terdapat lemari kaca yang memajang benda-benda peninggalan sejarah yang ditemukan di sekitar gua. 


Tepat di atas gua terdapat reruntuhan rumah ibadah pada masa lampau. Sesuai dengan yang tertulis dalam Al-Qur'an Surah Al-Kahf ayat 21:
Dan demikian (pula) Kami perlihatkan (manusia) dengan mereka, agar mereka tahu, bahwa janji Allah adalah benar, dan bahwa (kedatangan) hari Kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika mereka berselisih tentang urusan mereka, maka mereka berkata, "Dirikanlah sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka." Orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata, "Kami pasti akan mendirikan sebuah rumah ibadah di atasnya."
Pada masa modern kemudian dibangunlah sebuah masjid baru di dekat reruntuhan rumah ibadah kuno yang ada di atas gua. Masjid ini diresmikan oleh Raja Abdullah pada 27 September 2006 dan diberi nama Masjid Ashabul Kahfi.

gua ashabul kahfi di amman yordania

Gua Ashabul Kahfi juga ada juru kuncinya, namanya saya lupa. Beliau akan menjelaskan tentang sejarah Gua Ashabul Kahfi kepada setiap pengunjung yang datang. Kita juga bisa bersedekah melalui beliau dengan membeli DVD berisi sejarah Gua Ashabul Kahfi.


والله أعلمُ بالـصـواب


20 komentar

  1. Wah mba beruntung sekali bisa melihat sejarah islam secara langsung, alhamdulillah ya mbak. Semoga aku ada kesempatan untuk kesana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.
      insya Allah mbak juga bisa ke sana suatu hari nanti ya... aamiin.

      Delete
  2. Melihat gua-nya, jadi ingat kisah ashabul kahfi. Untung lagi, dijelaskan juga melalui ayat Qur'an yang bikin saya semangat membaca Qur'an..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus semangat dong ya, baca Al-Qur'annya, jangan sampai kendor.

      Delete
  3. wah salah satu impian saya untuk pergi ke sana. apalagi tempat2 rujukan yg dikisahkan dalam alquran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah, semoga impian terkabul ya...

      Delete
  4. Salam kenal mbak dita yang orang semarang juga, hehe. Wah subhanallah bisa berkesempatan ke tempat2 yang diceritakan dlm alquran, semoga kelak saya bisa juga. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      semoga Allah ridha mbak juga bisa datangi situs-situs yang ada di dalam Al-Qur'an. insya Allah.

      salam kenal juga :D

      Delete
  5. Guanya bagus. Baca disini itu seperti baca buku sejarah. Ada foto dan kisahnya. 🥰🥰🥰🥰🥰🥰 Terima kasih udah membawa oleh2 cerita jagung manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali mamak bowgels idolaque

      Delete
  6. Keren, depan guanya ada ukiran khas Romawi kuno.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah,beruntung sekali bisa berkunjung kesitu.. pintu masuknya khas banget. Sejarahnya juga luarbiasa.
    Semoga kelak bisa kesana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...
      insya Allah semoga mbak Dewi bisa juga ke sana ya :)

      Delete
  8. Subhanallah, ternxata seperti ini penampakan gua ashabul kahfi. Indah tempatnya. Mbak Dita beruntung bisa berkunjung ke sana, bisa kian dekat dengan Allah. Betapa peninggalan sejarah semacam itu sebagai akar peradaban masa silam yang merupakan kuasa Illahi. Semoga kita bisa mencintai Al Quran. saya ingin bisa ke sana juga bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      insya Allah bisa lebih cinta sama Allah, sama Qur'an.
      semoga Allah juga ridha mbak Rohyati bisa pergi ke sana bersama keluarga.

      Delete
  9. Denger kisah nya saja merinding, apalagi dapet keistimewaan bisa berkunjung ke tempat ini, MasyaAllah, semoga ada jodoh kesitu..

    Hai Mba Dita, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga, mbak Heni. salam kenal :D
      insya Allah mbak Henny juga bisa berkunjung ke sana ya :D

      Delete
  10. tempat yang penuh sejarah yang hrs kita ketahui ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mbak Tira.
      terima kasih ya, udah mampir :)

      Delete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,