Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea [Korea Selatan]


Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea

Jumlah turis muslim yang datang ke Korea semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat pemerintah Korea melalui Korea Tourism Organization (KTO) mulai berbenah diri dengan mengadakan berbagai event dan promosi.

Biasanya turis dari Cina menduduki peringkat teratas dalam daftar wisatawan asing yang berkunjung ke Korea. Tapi beberapa tahun terakhir, turis dari negara muslim termasuk Malaysia dan Indonesia mulai mendominasi peringkat daftar wisatawan asing yang datang ke Korea.
Melonjaknya jumlah turis muslim inilah membuat KTO berbenah diri dengan menambah musholla di tempat umum yang banyak dikunjungi turis dan menggandeng lebih banyak restoran halal.

Salah satu 'keniatan' KTO men-service turis muslim sekaligus upaya mereka untuk menggaet turis muslim lebih banyak lagi adalah dengan mengadakan event Halal Restaurant Week Korea.

Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea

Tahun 2017 ini adalah tahun kedua KTO menyelenggarakan event Halal Restaurant Week Korea. Tahun 2016, event ini diadakan pada tanggal 1 November sampai 10 Desember dan diikuti oleh 95 restoran ramah muslim serta ada berbagai promosi menarik lainnya.
Tahun 2017 diadakan tanggal 1 September sampai 31 Oktober, diikuti lebih dari 100 restoran ramah muslim dan promosi menarik lain yang sepertinya lebih heboh dari tahun sebelumnya.
Alhamdulillah, saya pergi ke Seoul pas event ini masih berlangsung. Informasi tentang event ini saya peroleh dari media sosial sebelum keberangkatan saya ke Seoul. Lumayan banget, karena banyak keuntungan yang bisa saya dapatkan, utamanya adalah diskon. hehehe

Cukup takjub juga sebenarnya pas saya sampai di Seoul. Gimana enggak, baru keluar dari garbarata pesawat aja (di selasar antara ujung garbarata dan gedung terminal kedatangan), udah ada meja yang berisi buku kupon Halal Restaurant Week Korea dan berbagai brosur wisata. Mbak-mbak penjaganya juga ramah banget mempersilakan kami yang baru turun dari pesawat untuk mengambil buku atau brosur yang diminati atau yang dibutuhkan. Gratis.

Rupanya, KTO juga menggandeng maskapai penerbangan untuk mempromosikan event ini. Karena saya menumpang pesawat Garuda Indonesia, maka buku kupon yang saya ambil di bandara tadi sampul belakangnya ada logonya Garuda Indonesia dan logo KTO.
Lain waktu saya iseng ambil buku kupon yang sama di stand sebuah festival di Gwanghwamun Square, ternyata sampul belakang bukunya tidak ada logo Garuda Indonesia melainkan hanya logo KTO saja.

Menurut saya, cara KTO 'menjemput bola' sejak 'bola' turun dari pesawat ini cukup efektif dan menguntungkan. Saya sebagai turis, 'nyicil ayem' karena udah dapet buku ini sejak awal kedatangan di Korea. Jadi saya bisa dapat lebih banyak informasi dan kalau dari bandara kelaparan, bisa langsung menuju restoran halal yang diinginkan trus kupon diskonnya bisa langsung dipakai.

Baca juga: Jalan Sore di Insa-Dong

Selain di bandara, buku ini bisa juga didapat di kawasan Itaewon yang dikenal banyak terdapat restoran halal serta dekat dengan Masjid Besar Seoul. Selain itu ada juga di Myeong-dong Tourist Information Center dan beberapa kantor pusat informasi wisata lainnya.


Buat yang nggak suka repot bawa-bawa buku, bisa juga login sebagai member di website hrwkorea.or.kr. Kupon diskon bisa didownload dan dipergunakan melalui akun kita di website tersebut.

Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea

buku kupon

Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea

kupon via website


Buku kupon berisi 116 lembar dan cukup bagus lho desainnya, artistik cantik berwarna-warni, kertasnya juga art paper. Sungguh sangat niat sekali, meskipun ini 'hanya' sebuah buku kupon dimana selain berisi informasi, isi utamanya adalah kupon-kupon diskon yang siap disobek sewaktu-waktu jika ingin digunakan.

Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea

daftar isi


Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea

kupon, info restoran, dan syarat diskon


Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea

kupon diskon

Promosi diskon berbeda-beda di setiap restorannya. Ada yang diskon berupa potongan harga, ada yang diskon berupa makanan atau minuman gratis, ada yang gabungan dari keduanya. Semuanya memiliki syarat dan ketentuan berlaku yang berbeda.
Selain restoran, ada juga kupon untuk digunakan di tempat belanja, museum, persewaan hanbok, serta theme park tertentu yang ikut dalam event ini.
Semua promosi diskon hanya berlaku bagi orang asing (selain warga negara Korea).

Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea

informasi percakapan bahasa Korea


FYI, KTO mengklasifikasikan restoran ramah muslim menjadi 4 jenis:
Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week KoreaHalal Certified: Restoran yang sudah tersertifikasi halal oleh lembaga halal semacam MUI di Indonesia, yaitu Korea Muslim Federation (KMF).
Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea Self Certified: Semua yang dijual di restoran ini halal, disertifikasi sendiri oleh pemilik restoran. Biasanya restoran yang Self Certified dimiliki oleh seorang muslim dan/atau memiliki chef muslim. Daging yang penyembelihannya halal, Pork free, Alcohol free.
Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea Muslim Friendly: Makanan yang dijual halal (daging sembelihan halal dan pork free), tetapi kemungkinan menjual alkohol. Bisa jadi juga bahan masakannya ada yang tercampur alkohol.
Pengalaman ke Seoul Saat Halal Restaurant Week Korea Pork Free: Restoran ini tidak khusus menjual menu halal. Ada menu daging sapi/ayam (tidak terdeteksi penyembelihannya halal atau tidak) tetapi tidak menjual menu babi. Kemungkinan juga menjual alkohol dan bisa jadi memasaknya dengan bahan yang ada campuran alkohol.

Baca juga: Hati-Hati Terjebak Makanan Haram Ketika Traveling di Korea

Kalau saya, hanya makan di restoran dengan klasifikasi Halal Certified dan Self Certified saja supaya aman dunia akhirat.

Selama saya di Seoul, saya menggunakan 3 kupon di 3 restoran yang berbeda. Ada yang dapet diskon potongan harga, ada yang dapet bonus kue tradisional Korea. Lumayan lah, Alhamdulillah.

Sekembalinya ke Indonesia, saya tiba-tiba dapat email dari hrwkorea, disuruh ngisi survei kepuasan pelanggan karena saya terdeteksi sudah ikut berpartisipasi dengan menggunakan kupon-kupon di event Halal Restaurant Week Korea.

Ternyata oh ternyata pengisian survei kepuasan pelanggan ini nantinya akan diundi untuk mendapatkan hadiah berupa diskon $ 30 di Amazon, dan parahnya, saya baru tau promosi ini setelah saya dapat email balasan yang mengabarkan bahwa saya menjadi salah satu pemenang undiannya.

Alhamdulillah banget yaaa..... ahahahhaha

Semoga tahun depan masih ada event seperti ini lagi yang semoga lebih bagus dan lebih membahana.


_______________________________________________

UPDATE
untuk tahun 2018 ini, Halal Restaurant Week Korea dimulai pada tanggal 16 Agustus sampai 14 Oktober (60 hari). Ada lebih dari 130 restoran yang berpartisipasi pada event ini.
info lebih lanjut bisa kunjungi www.hrwkorea.co.kr.

6 komentar

  1. asiiik, alhamdulillah ya banyak restoran halal di korea :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah banget, mbak Kania.
      sudah semakin banyak restoran halal dan muslim friendly di Korea :D

      Delete
  2. Pemerintahnya jeli melihat peluang ya mbak. Alhamdulillah, insyaAllah pas masanya nanti saya jalan ke Korsel makin banyak lagi resto dan tempat yang ramah muslim thx infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak. Pemerintahnya jeli banget lihat peluang, dan terbukti memang meningkatkan jumlah turis untuk masuk ke negaranya.
      Bener-bener kreatif dan inovatif dan pelayanannya juga paripurna.

      Delete
  3. Keren bgt cara promosinya, surga buat wisatawan muslim ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren, mbak...
      mereka serius sekali membidik wisatawan muslim.
      alhamdulillah setahun sekali ada event ini.

      Delete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,