Persiapan Awal Sebelum Berangkat Umrah


Assalamualaikum,

Adakah kalian atau keluarga kalian yang ada rencana berangkat umrah dalam waktu dekat ini? InsyaAllah informasi persiapan awal sebelum berangkat umrah berikut ini sangat diperlukan. Apalagi bagi kalian yang baru pertama kali berangkat. 

Buat yang baru punya cita-cita pengen berangkat umrah juga boleh menyimak ya, supaya nanti tiba waktunya Allah undang, kalian udah punya ilmunya. 

Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus dipersiapkan oleh calon jemaah umrah sebelum berangkat ke Tanah Suci Haramain Al-Syarifain, selain persiapan dokumen, Perlengkapan, dan keuangan.


Baca juga: Kesalahan Yang Sering Dilakukan Jamaah Umrah Saat City Tour Ke Jabal Rahmah


1. Luruskan Niat & Berdoa

Ini adalah persiapan yang paling dasar dan penting. Luruskan niat dan ikhlaskan umrah hanya karena Allah. Kita datang memenuhi undangan dari Allah untuk beribadah termasuk juga memohon ampun atas segala dosa-dosa kita.

Jangan lupa juga untuk banyak berdoa, mohon agar diberikan kesehatan, kemampuan, kekuatan, kemudahan, keselamatan, kelancaran, serta keberkahan.


2. Perbanyak Ilmu

Ini adalah poin yang sangat penting sekali. Pelajari semua tentang umrah, seperti rukun, syarat, larangan, apa yang harus dilakukan, dsb. Juga perbanyak membaca tentang Sirah Nabawiyah dan tempat-tempat bersejarah yang ada dan akan kita kunjungi selama di Haramain Al-Syarifain, seperti misalnya Jabal Uhud, Masjid Quba, dll. 

Jangan hanya mengandalkan manasik dari travel, dan jangan hanya asal ikut pembimbing. Karena perlu diingat bahwa ibadah umrah adalah ibadah sendiri-sendiri, bukan ibadah berjamaah. Walaupun kita berangkat berombongan dan ada pembimbingnya. Oleh karena itu, kita wajib punya ilmu yang kuat dan mantab, tidak asal ikut-ikutan. Manasik dan pembimbing yang disediakan oleh travel itu hanya pelengkap tambahan saja, bukanlah yang utama.

Ingat, hukum calon jamaah umroh mempelajari ilmu tentang umrah adalah fardhu 'ain alias wajib.

Cari ilmu dimana? di Youtube banyak ustadz-ustadz kesayangan anda semua yang bisa diambil ilmunya. Bisa juga dengan banyak membaca & bertanya pada orang yang berkompeten untuk menjawab.

Beberapa Channel Youtube berikut ini mungkin bisa menjadi referensi:

1. https://www.youtube.com/watch?v=e1XsLF6aUaA&t=567s

2. https://www.youtube.com/channel/UCTjZSRh-3zQzSVi254QJgQA

3. https://www.youtube.com/channel/UC5t7cwKGrp7YHU_Crqs1iHg

4. https://www.youtube.com/c/BukanIbuBiasa/videos

5. https://www.youtube.com/channel/UCewoDkOoz4jc_xaG1448I9Q


3. Buat Daftar Doa & Target Ibadah

Karena tujuan kita ke tanah suci adalah untuk ibadah, maka persiapkan daftar doa-doa yang akan kita panjatkan selengkap mungkin. Karena kalau tidak dicatat nanti sampai di sana malah bingung sendiri dan jangan malah jadi nggak berdoa. 
Selain daftar doa, kita harus menyiapkan target ibadah yang akan kita lakukan selama di tanah suci. Misalnya: thawaf 1x sehari, shalat dhuha 12 rakaat, shalat syuruq, dll. Jangan sampai waktu kita yang terbatas di tanah suci kita sia-siakan begitu saja.

4. Catat Jadwal Shalat di Makkah dan Madinah

Jangan lupa untuk mencatat jadwal shalat di tanggal keberangkatan kita. Jadwal shalat ini bisa dilihat di Haramain Info atau bisa difoto/dicatat dari papan jadwal shalat di dinding dekat pintu dalam Masjid Nabawi dan di depan pintu King Fahad Masjidil Haram.


Gunanya apa? Supaya kita bisa persiapan 2 jam sebelumnya. Perkirakan juga jarak hotel ke masjid. Karena Masjid sebesar itu selalu penuh. Oleh karena itu kita mesti datang maksimal 1 jam sebelum adzan, supaya dapat tempat di dalam masjid dan antrean lift di hotel belum terlalu ramai. 
Khusus hari Jum'at, kita harus sudah ada di dalam masjid maksimal 2-3 jam sebelum adzan. Karena Jum'at adalah hari libur di Saudi, jadi masjid akan penuh berlipat ganda dibanding hari lainnya.
Jangan sampai kita udah jauh-jauh & mahal-mahal datang ke Haramain tapi sholatnya telat melulu dan kebagian tempat di pelataran, dekat wc. Biasanya yang sering begini ini ibu-ibu, karena keasyikan belanja sampai lupa waktu.😏


Baca juga: Ke Tanah Suci, Pilih Sibuk Ibadah atau Sibuk Belanja?


5. Cek Suhu & Musim Saat Bulan Keberangkatan

Iklim di Arab Saudi adalah iklim gurun: panas dan kering. Hanya ada 2 musim, Musim Panas dan Musim Dingin. Musim Panas mendominasi hampir sepanjang tahun. Musim dingin hanya Desember-Februari saja. 

Di Saudi juga anginnya panas cuacanya kering mirip di dalam oven yang menyala. Nggak lembab, nggak sumuk dan nggak pliket seperti di Indonesia ya. Sering juga ada badai debu di sana. Tentunya debunya panas ya gaes...

Jadi pastikan cek dulu kita berangkat di bulan apa, pas musim apa, suhunya kisaran berapa. Kenapa? Karena ini berpengaruh pada pakaian & perlengkapan yang akan kita bawa. Jangan sampai kita berangkat di musim panas tapi kita bawa pakaian yang tebal atau sebaliknya.

Cek suhu bisa di Arabia Weather. Pilih aja Kota Makkah dan Madinah.


6. Cari Informasi Peraturan Terbaru di Bulan keberangkatan

FYI, Peraturan & Kebijakan Pemerintah Arab Saudi itu selalu berubah-ubah. Aturan & Kebijakan kemarin belum tentu sama dengan besok. Jadi jangan kaget kalau misalnya kita tanya teman yang berangkat umrah bulan lalu tentang gimana cara masuk ke Raudhah atau tentang membawa air zamzam. Ceritanya mungkin akan berbeda antara teman yang berangkat bulan ini atau pengalaman kita nanti yang berangkat di bulan depan.

Jadi pastikan kita mencari informasi peraturan terbaru di saat bulan keberangkatan kita dan kita wajib mematuhi peraturan yang ada ya. Karena setiap negara pasti punya aturan tersendiri, dan kita sebagai tamu ya harus taat aturan yang berlaku. Jangan ngeyel karena nanti akan menyulitkan diri sendiri dan rombongan kita.


7. Olah Raga

Karena ibadah umrah adalah ibadah fisik, maka kita harus latihan dulu biar nggak kaget. Terutama buat kalian yang sehari-harinya mager nggak pernah jalan kaki. 

Olah raganya yang ringan-riangan aja, cukup jalan kaki. Bisa jalan kaki tiap pagi atau sore keliling kompleks atau keliling lapangan juga boleh. Paling nggak kita harus kuat jalan kaki sejauh 8-9 km.


8. Latihan Sabar

Selama perjalanan umrah ini kita mesti punya banyak stok sabar. Mulai dari keberangkatan di airport, di imigrasi, di hotel, di masjid, dst sampai kembali lagi ke tanah air. 

Karena kita akan bertemu dengan banyak manusia dari berbagai mahzab, bangsa, dan negara dengan segala perilakunya masing-masing. Ada yang tepat waktu ada yang suka ngaret, ada yang mau antre rapi ada yang suka main serobot. Mungkin juga rasa makanan yang kurang sesuai selera, kamar hotel yang kurang nyaman, dan banyak lagi lainnya yang kalau tidak sabar bisa bikin kita esmosi jiwa dan lelah hayati similikiti.



Begitulah 8 persiapan awal berangkat umrah, selain persiapan dokumen, perlengkapan, dan keuangan. Kalau kalian pernah punya pengalaman dan ingin menambahakan, silakan tulis di kolom komentar ya... 

Dan kalian yang belum pernah umrah, saya doakan semoga segera dimampukan Allah untuk umrah ke tanah suci Makkah dan Madinah. Aamiin.....


Please Follow My Instagram. Ada tip-tips seputar umrah juga dsana.😄



1 komentar

  1. Wah. Infonya bermanfaat sekali kakak.. 😍👍👍👍

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,