Changdeokgung Palace & Secret Garden/Huwon | 창덕궁과 후원 [Korea Selatan]


Menurut saya, Istana Changdeokgung ini adalah istana yang paling bagus diantara istana-istana yang ada di Seoul. Secret Garden yang ada dalam kompleks istana ini juga sayang banget kalau sampai dilewatkan.



Biasanya kalau ke Seoul dengan biro travel, itinerary kunjungan ke istana hanya ke Istana Gyeongbokgung saja, istana yang paling terkenal, paling besar dan paling tua di Korea. Istana-istana lain nggak ada dalam daftar itinerary.
Padahal..... 
Menurut saya nih, Istana Changdeokgung lebih kece daripada Gyeongbokgung. Kenapa? Karena keberadaan Secret Gardennya yang cantik. Nggak heran kalau kompleks istana ini masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di tahun 1997.
Sewaktu saya mengunjungi istana ini, Korea sedang libur Chuseok. Selama libur 10 hari itulah tiket masuk istana-istana yang ada di Korea digratiskan. Lumayan banget kaaan.....
Meskipun demikian, tiket masuk Secret Garden tidak gratis. Nggak masalah.


brochure Changdeokgung dan tiket masuk Secret Garden

Istana Changdeokgung dibangun tahun 1405 oleh Raja Taejong dari Dinasti Joseon. Awalnya istana ini dibangun sebagai "villa" tempat raja beristirahat sejenak dari keramaian istana utama (Gyeongbokgung). Karena fungsinya sebagai tempat peristirahatan, istana ini sangat nyaman dan tenang, meski masih terletak di tengah kota dan hanya 1 km sebelah timur dari Istana utama Gyeongbokgung.

Peta Changdeokgung

Donhwanmun Gate → Palace Chambers → Geumcheongyo Bridge → Injeongjeon Hall → Seonjeongjeon Hall → Huijeongdang House → Daejojeon Hall → Nakseonjae

Istana ini pernah musnah terbakar pada peristiwa perang Imjin tahun 1592 dan dibangun kembali di tahun 1609 dan menggantikan Gyeongbokgung sebagai istana utama. Setelah itu beberapa kali pernah terbakar lagi sampai akhirnya direstorasi seperti penampilan aslinya dan bisa kita lihat sampai sekarang.

Donhwamun Gate

Di belakang istana ada taman rahasia alias Huwon yang digunakan raja untuk 'menyepi'. Taman ini hanya 1% yang dibuat manusia. Sisanya adalah taman (lebih mirip hutan mini) sesuai lansekap alami. Ada beberapa kolam dan aliran mata air serta beberapa bangunan berarsitektur khas Dinasti Joseon dengan fungsinya masing-masing.


Peta Secret Garden


Tour route: Huwon Entrance → Buyongji Pond → Bullomun Gate & Aeryeonji Pond → Jondeokjeong Pavilion & Pyeomusa House → Ongnyucheon Stream → Yeonggyeongdang House


Untuk masuk ke taman ini kita diwajibkan mengikuti tour yang telah disediakan pada jam yang sudah ditentukan dan membayar tiket sebesar ₩ 5.000. Tidak diperbolehkan masuk taman rahasia sendiri tanpa tour untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Makanya tiket taman rahasia ini dijual terpisah dari tiket istana.
Tour ini tersedia 4 grup berdasarkan bahasa. Ada grup bahasa Inggris, bahasa Jepang, Bahasa Cina, dan bahasa Korea. Masing-masing grup berjalan pada jam yang berbeda. Jadwalnya bisa kita lihat di loket tempat kita membeli tiket masuk.


mbak guide dengan hanbok di Buyongji Pond


15 menit menjelang tour dimulai kita harus sudah berkumpul di depan pintu masuk taman rahasia. Nanti akan ada petugas loket yang menyobek tiket masuk kita, dan kita akan dijelaskan tentang peraturan, gambaran umum, serta rute tour keliling taman rahasia oleh seorang mbak guide berbaju hanbok.

Tepat pada jam yang sudah ditentukan sesuai jadwal, kita akan digiring untuk mulai berkelana keliling taman rahasia. Di garda terdepan ada mbak guide berhanbok yang memimpin perjalanan sambil menjelaskan dengan bahasa Inggris aksen British yang sangat jelas, di paling belakang ada seorang bapak lengkap dengan alat komunikasi HT yang bertugas menjaga dan memastikan tidak ada peserta tour yang kecer. 

Paviliun Juhamnu yang berfungsi sebagai perpustakaan dan tempat belajar

Di setiap point pemberhentian, setelah mbak guide memberi penjelasan, kita diberi kesempatan untuk berfoto-foto sambil istirahat sejenak mengingat kondisi medan yang terjal dan berliku. Ditawarkan juga bagi yang udah nggak kuat jalan, boleh kembali ke pos awal karena semakin masuk ke dalam taman, medannya akan semakin berat, meskipun jalannya lebar dan berupa tanah keras, tapi beberapa kali ada tanjakan dan turunan yang lumayan curam serta tangga yang jumlahnya bisa bikin pegel kaki.
Tapi sewaktu saya mengikuti tour ini, nggak ada satupun peserta tour yang balik ke pos awal. Semua semangat jalan sampai ke tujuan akhir, meskipun peserta tour ada yang simbah-simbah bahkan keluarga yang bawa anak-anak dan dorong-dorong bayi di stroller.

Jalan terjal dan berliku

Menelusuri taman ini sungguh sangat mengasyikkan. Kita bisa menghirup udara segar meski berada di tengah Kota Seoul yang sibuk, menikmati kicau burung, memandang hijaunya dedaunan yang tenang, melihat bebek lagi mandi-mandi di kolam, sambil membayangkan kehidupan jaman dinasti masa lampau.


Aeryeonji Pond


Saya berpikir, jaman dulu pasti raja-raja, permaisuri, dan para dayang-dayangnya bebadan langsing-langsing. Soalnya jalan kaki dari istana di depan ke perpustakaan yang ada di dalam taman aja lumayan banget jaraknya pake acara tanjakan dan turunan yang curam segala, apalagi jalan ke dapur yang ada di ujung berung sana. 
Trus kalau mereka pada istirahat pasti sambil tempelan koyo dan blonyohan minyak lawang, buat ngilangin pegel-pegel di kaki setelah lempoh ngiterin taman. hihihihi

ada sawah lengkap dengan padi dan jerami



Tips mengelilingi Istana Changdeokgung dan Secret Garden:
1. Pakailah alas kaki yang nyaman dan enak buat jalan dengan kondisi jalan berupa tanah, tangga, tanjakan dan turunan yang curam.
2. Siapkan tenaga karena yang dijelajahi lumayan luas dengan kondisi medan yang penuh tantangan.
3. Bawa air minum yang cukup.
4. Jika pakaian kamu terbuka, jangan lupa oleskan lotion anti nyamuk, karena lumayan ada nyamuk mengingat kita masuk ke dalam kebon yang luas.
5. Bawa payung, karena cuaca kadang gerimis atau hujan.
6. Jangan buang sampah sembarangan, jangan merokok, serta jangan merusak tanaman dan bangunan yang ada.
7. Patuhi semua aturan yang berlaku.


Changdeokgung Palace & Secret Garden/Huwon | 창덕궁과 후원 
🏡: 99, Yulgok-ro, Jongno-gu, Seoul [서울특별시 종로구 율곡로 99 (와룡동)]
🕙: 
- Istana:
   Feb-May, Sep-Oct 09:00-18:00
   Jun-Aug 09:00-18:30
   Nov-Jan 09:00-17:30
   * Last admission: 1 hour before closing
- Huwon/Secret Garden (guided Tour only) untuk bahasa Inggris:
   Februari - November: 10:30, 11:10, 14:30, 15:30
   Desember - Januari: 10:30, 11:10, 14:30
   Perkiraan tour selama 90 menit.
   Tiket dibatasi sehari 50 untuk online booking dan 50 untuk pembelian on the spot di loket.
Senin Tutup
🎫: 
- tiket ngeteng istana aja
   dewasa ₩ 3.000  
   anak  1.500 
   grup ⫺ 10 orang  2.400 (dewasa),  1.200 (anak)
   gratis:
   - lansia > 65 tahun
   - anak dibawah 7 tahun
   - kamu yang memakai hanbok
   - culture day (hari Rabu terakhir setiap bulan)
   - hari libur tertentu (seperti Chuseok Day)
- tiket Istana dan Secret Garden:
  dewasa ₩ 8.000
  anak usia 7-18 tahun ₩ 4.000
  lansia > 65 tahun ₩ 5.000
- tiket terusan untuk 4 istana (Gyeongbokgung, Changdeokgung, Changgyeonggung, Deoksugung) + Jogmyo Royal Shrine ₩ 10.000 (bisa dibeli di salah satu istana), berlaku 3 bulan dari tanggal pembelian.
🚃:
-  Stasiun Anguk (line 3), Exit 3. Jalan lurus aja sekitar 500 meter.
💻: http://eng.cdg.go.kr/




Share:

6 komentar

  1. Nice share, jadi pengen ke Korea nih.

    Kunjungi juga blogku ya..
    http://lellyfitriana.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak liburan ke Korea, seru loh :D

      Delete
  2. Thank you sis buat sharingnya,nov nanti pasti mampir ke istana ini 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama...
      semoga suskses ya jalan-jalannya november nanti :D

      Delete
  3. mudah2-an bisa ke sana juga suatu saat, jadi ga hanya berkelana di drama korea-nya aja hehehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar :)

NO SPAM! NO SARA!