Panduan Traveling Hemat ke Hong Kong untuk Pemula

Panduan Traveling Hemat ke Hong Kong untuk Pemula

Panduan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya dan ditujukan khusus untuk kalian yang mau traveling hemat ala backpacker ke Hong Kong untuk pertama kalinya.

Meski saat itu saya pergi ke Hong Kong, Macau, dan Shenzhen, tapi panduannya akan saya tulis terpisah ya. InsyaAllah.


Hong Kong sebenarnya tidak ada dalam list negara yang ingin saya kunjungi. Entah kenapa nggak terlalu tertarik plesiran ke sana. Dulu dari kampus sempat mau Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Hong Kong tapi batal karena pas ada wabah virus flu burung. Sampai sekian tahun kemudian saya akhirnya ke Hong Kong juga karena penasaran gimana rasanya backpackeran langsung ke 3 negara: Hong Kong, Macau, dan Shenzhen (bagian dari PRC). 



Hong Kong

Adalah salah satu negara bagian dari People's Republic of China (PRC) atau daerah administratif khusus milik Cina yang memiliki sistem politik, hukum, perekonomian serta punya imigrasi tersendiri.
Peta Hong Kong (sumber: https://wikitravel.org/en/Hong_Kong)

Hong Kong dibagi menjadi 5 distrik:
1. Hong Kong Island, distrik yang paling modern dibanding distrik lainnya. Banyak gedung-gedung pencakar langit karena di sinilah pusat pemerintahan dan perekonomian berada.
2. Kowloon, distrik yang paling padat penduduknya. Banyak penginapan/hostel murah di sini.
3. New Territories, distrik yang isinya pegunungan, kawasan industri, dan peternakan. Ada Hong Kong Disneyland juga di sini.
4. Lantau, distrik dimana Bandara Hong Kong International Aiport berada.
5. Kepulauan terluar, yang terdiri dari pulau-pulau kecil yang terserak di sekitar Lantau dan Hong Kong Island.

Bulan Terbaik Mengunjungi Hong Kong

Hong Kong adalah negara sub-tropis dengan 4 musim: 
Desember - Februari: Musim dingin, adalah bulan dengan rata-rata suhu dan hari hujan terendah sepanjang tahun. Dingin, kering, dan berawan. Bulan ini juga banyak wisatawan etnis Cina dan diaspora Hong Kong yang datang untuk merayakan imlek.
Maret - Mei: Musim semi, dimana suhu sudah mulai anget dan lembab. 
Juni - Agustus: Musim panas, adalah bulan dengan rata-rata suhu dan hari hujan tertinggi sepanjang tahun. Jadi, kalau musim panas di Hong Kong itu malah sering hujan.
September - November: Musim gugur, adalah musim dengan cuaca terbaik. Nggak panas dan nggak dingin.

Perlu diingat juga bahwa Hong Kong adalah negara langganan angin topan alias taifun (Typhoon). Juli - September adalah bulan dimana 50% - 60% kemungkinan angin topan melanda. Karena udah langganan, pemerintah Hong Kong punya peringatan dini yang dirilis untuk umum agar masyarakat (termasuk turis) berhati-hati.
Jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan cuaca. Jika ada peringatan taifun, yang harus kamu lakukan adalah:
peringatan level 1: bawa payung dan jas hujan.
Peringatan level 3: sebisa mungkin hindari bepergian ke luar. Jika sudah terlanjur ada di luar, segera cari tempat untuk berlindung.
Peringatan level 8: Pastikan untuk tidak keluar dan harus berlindung di tempat aman di daerah yang bebas banjir. Sediakan bahan makanan, lilin, senter, dan batrei yang cukup. Karena jika terjadi taifun level 8, semua fasilitas umum & fasilitas sosial tutup.
Cuaca rata-rata per tahun di Hong Kong
Cuaca rata-rata per tahun di Hong Kong

Pengalaman saya ke Hong Kong akhir bulan Februari. Cuacanya enak banget, dingin sejuk, nggak hujan dan nggak panas. Cukup pakai trench coat aja kemana-mana. 



Bahasa

Bahasa resminya Cina dan Inggris. Tapi kebanyakan orang Hong Kong memakai Bahasa Cina dengan dialek Kanton. Semua petunjuk arah tertulis dalam huruf Cina dan huruf latin dalam Bahasa Inggris.
Kalau kamu nggak ngerti Bahasa Cina macam saya, nggak usah khawatir. Karena kamu bakalan nemu banyak mbak-mbak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang siap ditanya-tanya pakai Bahasa Indonesia bahkan Bahasa Jawa atau Sunda.
Kalau pas nggak nemu mbak-mbak PMI, bisa juga tanya-tanya pakai Bahasa Inggris ke orang Hong Kong yang usianya masih relatif muda atau sama mbak-mbak pekerja dari Filipina.
Oia, semua petugas yang ada di tempat umum seperti stasiun MTR dan pelabuhan feri, bisa berbahasa Inggris meski kadang tidak lancar.


Baca juga: Drama Tekawe Hong Kong


Mata Uang

Mata uang Hong Kong adalah Dollar Hong Kong (HKD). Lucunya uang kertas yang beredar di Hong Kong diterbitkan oleh 3 bank besar yaitu HSBC (Hong Kong Bank), Standard Chartered Bank, dan Bank of China.
Nilai tukar 1 HKD sekitar 1.700 sampai 2.500-an Rupiah.
Rata-rata toko di Hong Kong menerima pembayaran dengan Kartu Debet dan Kredit berlambang Visa dan MasterCard. Biasanya dengan minimal pembelanjaan tertentu.
ATM yang menerima Visa dan MasterCard juga banyak terdapat di pusat kota, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan. Yang banyak terlihat adalah ATM HSBC.
Untuk pembayaran dalam jumlah kecil, biasanya di convenience stores dan pharmachies, serta untuk naik MTR dan Bus lebih disarankan menggunakan Octopus Card atau biasa disebut Patadong dalam Bahasa Kanton.


Octopus Card (Patadong)

Semacam kartu e-money kalau di Indonesia. Digunakan sebagai alat pembayaran transportasi umum seperti: MTR, bus, feri, tram, bayar jalan toll, bayar di convenience store dan vending machine. 
Cara pakainya tinggal ditempelkan di mesin pembaca kartu.
desain octopus card spesial untuk turis (gambar: https://www.octopus.com.hk)

Octopus Card dapat dibeli dan direfund di bandara, stasiun MTR, dan di pelabuhan feri. Untuk cek saldo dan isi ulang bisa di add value mechine yang ada di stasiun MTR, pelabuhan, dan bandara.

Kalau untuk membayar transportasi umum (MTR, bus, feri), berlaku 1 kartu per orang. Alias masing-masing orang harus punya kartu sendiri-sendiri. 1 kartu nggak bisa dipakai barengan.
Saran saya adalah beli Octopus Card di bandara sesampainya kamu di Hong Kong. Tempat pembelian Octopus di bandara:
  • Konter Airport Express di arrival hall (setelah pemeriksaan bea cukai, ikuti petunjuk train to city).
  • Konter octopus card di sebelah information center setelah pemeriksaan bea cukai.
  • China Travel Service yang terletak di arrival hall terminal 1 kios nomor A4 (setelah pemeriksaan bea cukai).
  • 7-Eleven di Arrivals Meeters & Greeters Hall, Unit 5T057.

Perlistrikan

Colokan di Hong Kong berbentuk kaki 3 yang gepeng (tipe G) dengan daya listrik 220 V, 50 Hz. Jangan lupa bawa travel adaptor ya!
Colokan tipe G (sumber gambar: International Electrotechnical Commission)

Waktu

Waktu di Hong Kong adalah UTC +8. Terdapat perbedaan waktu 1 jam lebih cepat dari Waktu Indonesia Barat (WIB).

Visa

Bagi pemegang paspor Indonesia untuk kunjungan wisata ke Hong Kong adalah bebas visa dengan masa izin tinggal selama 30 hari.


Menuju Hong Kong

Ada banyak penerbangan dari Jakarta menuju Hong Kong. 
Penerbangan langsung dari Jakarta ke Hongkong memakan waktu sekitar 5 jam.
Pilihan penerbangannya adalah:
Maskapai full service:
  • Garuda Indonesia [penerbangan langsung]
  • Cathay Pacific [penerbangan langsung dan jangan lupa memesan Moslem Meal (MOML) saat pemesanan tiket agar mendapatkan distribusi makanan yang halal]
  • Malaysia Airlines [transit di KLIA Malaysia]
  • Philippine Airlines [transit di NAIA Filipina dan jangan lupa memesan Moslem Meal (MOML) saat pemesanan tiket agar mendapatkan distribusi makanan yang halal]
  • Singapore Airlines [transit di Changi Airport Singapura dan jangan lupa memesan Moslem Meal (MOML) saat pemesanan tiket agar mendapatkan distribusi makanan yang halal]
Maskapai medium service:
  • Malindo Air [transit di KLIA Malaysia]
Maskapai berbiaya hemat:
  • Air Asia [transit di KUL Malaysia]
  • Scoot [transit di Changi Airport Singapura]
Silakan berburu tiket promo yang murah meriah. 


Airport

Penerbangan dari Indonesia akan mendarat di Hong Kong International Airport (HKG).
Airport ini terdiri dari 2 terminal yang terhubung dengan kereta Automated People Mover.
Jangan lupa mengambil leaflet dan peta di konter Hong Kong Tourism Board Information yang terletak di arrival hall, setelah pemeriksaan bea cukai.
Prayer room ada di:
Area umum (buka jam 5.00-24.00):
  • End of Check-in Aisle A, Departures Level (L7), Terminal 1 
  • Check-in Hall, Departures Level (L5), Terminal 2 
Restricted area (buka 24 jam):
  • Near Gate 42, Departures Level (L6), Terminal 1Near Gate 501-510 
  • Departures Level (L5), North Satellite ConcourseNear Gate 211 (
  • Departures Level (L6), Midfield Concourse 


Transportasi 

Airport Express

Cara paling cepat dan nyaman dari Aiport menuju pusat kota atau sebaliknya. 

MTR (Mass Transit Railway)

Moda transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat karena menjangkau semua wilayah termasuk ke Airport dan ke perbatasan Shenzhen.
Beroperasi mulai pukul 6.00 pagi sampai 01.00 dini hari.
Untuk memudahkan pengguna MTR terutama peta rute, waktu kedatangan, pintu keluar, dll, tersedia aplikasi MTR yang bisa diunduh di smartphone berbasis android dan ios.
Siapkan kaki yang kuat dan alas kaki yang nyaman karena perjalanan di dalam stasiun dari pintu masuk atau keluar MTR ini lumayan banget.
Saat menggunakan eskalator, berdirilah di sisi sebelah kanan, karena di sisi kiri hanya untuk yang terburu-buru/untuk mendahului. Jangan bergerombol menuhin sisi eskalator ya!


Bus

Bus dari bandara ke kota terletak di Arrival Hall B terminal 1 level 5
Di dalam kota, bus biasanya digunakan untuk perjalanan jarak pendek. 
Bus-bus yang bisa kita jumpai di Hong Kong: LWB, KMBCitybus, dan New Lantao Bus.
Naik dan turunnya harus dari halte dan harus berbaris antre dengan rapi, ya!


Tram (Dingding)

Tram ini berusia lebih dari 100 tahun peninggalan zaman kolonial Inggris. Hanya beroperasi di Hong Kong Island. Naiknya harus dari pintu belakang dan keluar dari pintu depan.Stasiun tramnya ada di tengah jalan raya. Seringnya tram ini rame banget peminatnya, sampai empet-empetan soalnya badan tramnya sempit banget.


Taxi

Ada 3 jenis taxi yang beredar di Hong Kong. 
Urban taxi berwarna merah, beropertasi di Hong Kong Island dan Kowloon. New Territories taxi berwarna hijau, beroperasi di distrik New Territories. Lantau taxi berwarna biru beroperasi di distrik Lantau.

Feri (Star Ferry)

Adalah transportasi legendaris yang melayani penyeberangan dari Hong Kong Island ke Kowloon dan sebaliknya, sejak tahun 1888.


Akomodasi

Akomodasi di Hong Kong terhitung mahal, meskipun hanya kelas hostel atau guest house. Kamarnya pun hanya seuprit banget macam kamar liliput dan biasanya terletak di gedung/rumah susun yang dari luar nampak mengenaskan, namun di dalam kamar-kamarnya bersih.
Distrik Kowloon adalah tempat berkumpulnya hostel/guest house yang murah. Ada 3 gedung (mirip rumah susun) yang terkenal di kalangan backpacker, yaitu: Chungking Mansion (kondisi gedungnya paling busuk dan banyak calo), Mirador Mansion (kondisi gedung agak lumayan, hostel-hostel di dalamnya pun banyak yang bersih), dan Golden Crown Court (kondisi gedung paling lumayan dan bersih). Ketiga gedung ini terletak bersebelahan satu dengan lainnya di Nathan Road Kawasan Tsim Sha Tsui, seberang Masjid Kowloon.
Enaknya menginap di daerah ini adalah dekat dengan stasiun MTR Tsim Sha Tsui, dekat dengan Masjid, dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan keramaian avenue of stars, dekat pelabuhan feri,  dan relatif mudah mendapatkan makanan halal. Tinggal pinter-pinter milih hostelnya aja.
Selain di Distrik Kowloon ada juga hostel, guest house dan hotel di Distrik Hong Kong Island yang bisa jadi pilihan. Perhitungkan jarak penginapan tersebut dengan stasiun MTR atau halte bus.


Masjid

Ada 5 masjid besar di Hong Kong: 
1. Kowloon Masjid, terletak di kawasan Tsim Sha Tsui distrik Kowloon.
2. Chai Wan Masjid (Cape Collinson Masjid), terletak di daerah Chai Wan distrik Hong Kong Island
3. Jamia Masjid, terletak di daerah Mid Level distrik Hong Kong Island
4. Masjid Ammar, terletak di daerah wan Chai distrik Hong Kong Island
5. Stanley Masjid, terletak di daerah Tung Tau Wan distrik Hong Kong Island

Baca juga: Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre Hong Kong



Makanan Halal

Mencari makanan halal (yang tersertifikasi resmi maupun yang pemiliknya muslim) di Hong Kong tidaklah sulit, asal kita nggak malas untuk mencari.
Fast food seperti yang ada di Indonesia (Mc D, KFC, dll) nggak bisa dimakan karena nggak halal meski itu berwujud ayam.
Berikut List of Halal Certified Restaurants yang bisa digunakan untuk panduan agar tidak makan sembarangan.
Yang paling ngehits di kalangan traveler muslim adalah Islamic Centre Canteen yang menjual segala jenis masakan Cina Hong Kong dan semuanya enak.

Baca juga: Makan Dim Sum Halal di Islamic Centre Canteen Hong Kong



Belanja

Ladies Market Mong Kok

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

1. Avenue of Stars (gratis)
2. A Symphony of Light (gratis)
3. The Peak (berbayar jika naik sampai ke Sky Terrace, masuk museum Madame Tussaud dan naik The Peak Tram)
4. Nan Lian Garden dan Chi Lin Nunnery (gratis)
5. Ngong Ping 360 (berbayar naik kereta gantung)
hong kong

Buat saya, Hong Kong adalah negara yang cukup sekali saja dikunjungi. Dua hari ngubek-ubek Hong Kong udah cukup banget. Karena saya kurang suka dengan destinasi wisata di sana yang menurut saya biasa aja juga kurang suka karena terhitung relatif mahal. hahaha

Mungkin karena saya anaknya nggak suka belanja, nggak suka dengan kota yang riuh ramai kebanyakan orang (Hong Kong itu rame buanget, banyak orang di jalanan apalagi di Kawasan Mong Kok. Udah mirip laron aja), dan nggak suka sama wisata ke wahana bermain (Hong Kong ada Disneyland).

Tapi tentu saja beda orang beda selera ya. 

Silakan kalau kamu pengen banget ke Hong Kong, semoga panduan traveling hemat ini bisa bermanfaat. insyaAllah.


Selamat Jalan-Jalan!


14 komentar

  1. Lengkap banget kak, terimakasih atas panduannya.

    ReplyDelete
  2. Wah! Langsung follow!

    Terima kasih informasinya yang detail dan lengkap mbak! Walaupun ya saya belum ada paspor, sih. Wahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa cepet bikin paspor dan segera jalan-jalan ya, mas.
      makasih loh, udah follow

      Delete
  3. Hari ini baca artikelnya dulu, siapa tahu nanti bisa ke Hongkong beneran ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...
      insyaAllah nanti bisa ke Hong Kong juga

      Delete
  4. Tau aja kalo mau ke Hongkong bentar lagi hahaha..
    Berguna banget ini mba.. makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak Vindri.
      Selamat jalan-jalan ya!

      Delete
  5. Wahhh, jadi mau ke hongkong! mbak apa bisa jika solo travelling?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, mbak kalau mau solo traveling.
      di Hong Kong relatif aman. yang penting kita harus udah punya "modal" informasi yang banyak dan persiapan yang matang.

      Delete
  6. Orangtuaku dulu pernah halan2 ke Hongkong, katanya porsi makanannya besaaaar bingits bisa berdua habisnya. Masjid besar ada 5 ya di sana. Ulasannya lengkap nih kita jadi tau deh. Moga2 suatu hari bisa kesampaian ke Hongkong.Ada cuaca2 dan antisipasinya juga ya jd kalo traveling kudu merhatiin itu juga, sip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. porsi makan kalo di restoran cina muslim emang lumayan, mbak.
      tapi perut saya sih muat-muat aja. hahahhaha

      Delete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.