Cara Membuat E-Visa Turki

Bikin visa (turis) Turki itu gampang banget lho, nggak perlu pergi ke kedutaan sambil bawa berkas-berkas yang segambreng, cukup ngadep di depan komputer/smart phone aja, 10-15 menit langsung jadi, nggak pake antri.

Bagi warga negara Indonesia, visa (turis) ke Turki bisa kita buat degan 2 cara. Pertama dengan Visa On Arrival (VOA) yang kita buat sesampainya kita di bandara di Turki. Kedua adalah dengan sistem aplikasi visa elektronik alias e-Visa.

VOA mempunyai kelemahan yaitu: 
sesampainya kita di bandara Turki, sebelum loket passport control kita harus antri di bagian pembuatan VOA (biasanya antriannya panjang) dan membayar langsung (cash) di loket pakai mata uang USD. Setelah VOA jadi baru kita bisa lanjut antri di passport control (yang antriannya tidak kalah panjang). Jadi 2x antri dan harus bawa uang USD. 
Capek kan yes 😃

Biasanya VOA dipakai kalau kita mendadak pengen masuk Turki. 
Misalnya pas pesawatnya transit di Turki lama. Daripada kita lumutan nunggu di bandara mendingan keluar liat-liat kota atau cari mas-mas ganteng gitu.

Pilihan kedua adalah dengan sistem aplikasi visa elektronik/e-visa.
Cara ini cukup mudah, cepet, dan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan travel agent. 
Yang harus disiapkan adalah:
1. PC/smart phone dengan koneksi internet yang stabil
2. email
3. kartu kredit atau kartu debit yang mendukung pembayaran seperti kartu kredit (visa/master card/union pay)
4. data paspor
5. pdf reader

Biaya yang harus dikeluarkan untuk e-visa adalah 25.70 USD dengan rincian 25 USD sebagai biaya visa dan 0.70 untuk biaya servis. 
Jika membuat visa dengan bantuan travel agent biayanya sekitar 500-750 ribu rupiah (tergantung kurs USD) yang tentunya lebih mahal daripada kalau kita bikin sendiri. Biasanya selisih biayanya sekitar 150-300 ribu. Lumayan kan buat jajan ice cream di Turki.


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT E-VISA:

1. Buka website e-visa Turki di https://www.evisa.gov.tr/en/. Klik New Aplication.

2. Country/Region
Pilih nama negara, Jenis Paspor, dan tuliskan security verivication. Kemudian klik save and continue.

3. Date of Arrival/Pilih tangga kedatanganmu ke Turki
Perlu diketahui, e-visa berlaku selama 180 hari dengan maksimal kunjungan di Turki selama 30 hari. 
Kalau tanggal kedatanganmu masih kira-kira, nggak masalah. Yang penting masih masuk di rentang 180 hari itu. Contoh kamu pilih tanggal 29 Januari, e-visa akan berlaku sampai tanggal 27 Juli. Kamu bisa masuk ke Turki diantara tanggal itu (nggak harus pas persis tanggal 29 Januari, misalnya baru masuk ke Turki tanggal 14 Februari). Yang penting batas kamu tinggal di Turki maksimal 30 hari.
E-visa mulai berlaku saat kamu masuk ke Turki.
Contoh jika kamu masuk ke Turki tanggal 14 Februari, maka e-visa akan berlaku tanggal 14 Februari sampai 15 Maret (30 hari) atau sampai kamu keluar  dari Turki meskipun sebelum tanggal 15 Maret.

4. Personal Information
Isikan semua data yang diminta.
Jika kamu mempunyai tambahan nama di halaman endorsement paspor kamu (biasanya untuk keperluan visa Arab Saudi/umroh/haji), bisa dimasukkan di kolom surname.
Jika sudah terisi semua, klik Save and Continue.

Setelah itu akan muncul halaman konfirmasi yang berisi dengan data-data yang telah kamu masukkan. Apabila sudah yakin dengan data-data tersebut maka klik “Verify”, namun apabila kamu merasa masih ada data yang kurang tepat, maka kamu dapat melakukan “Edit”.
Setelah mengklik “Verify”, maka akan muncul pemberitahuan kalau pengisian peprmohonan visa sukses dan sistem akan mengirimkan sebuah email verification yang berisi nomor referensi ke alamat email kamu.

5. E-mail Verification
Langsung cek email ya.... maksimal 1 jam. Lebih dari 1 jam kamu nggak respon e-mail maka permohonan e-visa kamu akan dibatalkan dan setelah 48 jam permohonanmu tidak dilengkapi, maka akan dihapus oleh sistem.

Klik kotak hijau bertuliskan Approve di e-mail verificationmu.

6. Pembayaran
Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit atau kartu debet yang bisa difungsikan layaknya kartu kredit, yang berlogo visa atau master card. Selain itu bisa juga dengan union pay. Kalau kamu nggak punya ketiganya, kamu bisa pinjam kartu teman atau keluarga kamu. Nggak perlu khawatir karena tidak ada ketentuan pemilik kartu adalah pemohon atau harus ikut dalam perjalanan.
Isikan nomor kartu, CCV, dan tanggal kedaluarsa kartu. 
Setelah itu klik make payment.
Sementara berproses, jangan menekan tombol refresh atau back

7. Download
Setelah aplikasi kamu berhasil maka akan ada pemberitahuan seperti ini.
E-visa yang sudah jadi bisa kamu download dengan menekan tombol hijau Download your e-visa
Pastikan PC/smart phone kamu ada aplikasi PDF Reader ya, karena e-visa yang didownload formatnya .pdf.
Kamu juga akan dapat pemberitahuan di email, dan e-visa bisa didownload dari tombol hijau yang ada di email.

Ini dia penampakan e-visa Turki
 
Jangan lupa dibawa ya! tempelin di paspor biar nggak kecer.



Kondisi Februari 2018

Share:

6 komentar

  1. kalo mau ke australia, kira2 sama ga ya langkahnya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap negara punya syarat dan aturan yang berbeda, mbak.
      untuk Autralia, silakan kunjungi web kedutaan Australia bagian visa untuk keterangan lebih lanjut.

      Delete
  2. Replies
    1. semoga segera bisa ke Turki ya, mbak Wian :D

      Delete
  3. assalamu’alaikum. Maaf mau nanya mba, saya akan ke lithuania awal juli, Insya Allah. Terus teman saya di turki ngajak singgah ke turki, dan buat visa turki di lithuania. Tapi beliau gatau prosesnya gimana. Apa mba tau? Jika iya mohon infonya. Jazakillah khairan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam,
      Jika mbak Nadia pemegang paspor Indonesia dan memang sudah pasti mau ke Turki, bisa membuat visa Turki melalui e-visa seperti yang saya jelaskan di atas.
      e-visa bisa dibuuat dari mana saja (termasuk dari Lithuania) karena kan online via web.
      Tapi kalau mbak Nadia belum pasti mau ke Turkinya (misalnya: masih liat nanti, kalau bisa mampir ya mampir, kalau nggak bisa ya enggak), mbak Nadia bisa bikin Visa On Arrival nanti setelah mbak mendarat di bandara Turki sebelum masuk loket paspor kontrol.

      semoga membantu ya :)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar :)

NO SPAM! NO SARA!