Selalu Dikira Orang Malaysia di Korea

by - Saturday, December 02, 2017


Selama jalan-jalan di Seoul kemarin, selalunya saya dikira orang Malaysia, bahkan sama orang Malaysia sendiri. Ajaibnya, orang Indonesia yang saya temui di sana pun mengira saya orang Malaysia.


Mas-mas Turki penjual kebab di Itaewon bertanya:
mas kebab: malaysian?
saya: bukan, saya dari Indonesia.
mas kebab: ah... Malaysia dan Indonesia itu sama aja!
saya: maksud lo?

Kakek-kakek Korea ketemu di stasiun metro:
kakek: dari Malaysia?
saya: bukan, saya dari Indonesia
kakek: Indonesia? *tampang kaget* oooh.... saya pikir kamu orang Malaysia

๐Ÿ™„๐Ÿ™„Segerombolan ibu-ibu Indonesia di resto:
ibu-ibu: dari mana?
saya: Jakarta
ibu-ibu: ooooh kirain orang Malaysia loh!
saya: *nyengir*

mbak-mbak Malaysia di resto:
mbak Malaysia: kakak orang Malaysia, ke?
saya: bukan, saya orang Indonesia
mbak malaysia: oh...

Sepasang suami-istri Malaysia di Namsan tower:
istri: minta tolong ambik gambar boleh?
saya: boleh
istri: dari Malaysia?
saya: enggak, saya dari Indonesia
istri: oh, Jakarta ke?
saya: iya :D

dua ibu-ibu Indonesia di Namsagol Hanok Village:
ibu-ibu: Assalamu'alaikum, where are you from?
saya: Wa'alaikumussalam, saya dari Jakarta
ibu-ibu: oalah.... kirain orang malaysia, saya dari tadi enggak enak mau nyapa. ternyata orang Indonesia.
saya: huehehehehehe


Yah, itulah diantara percakapan-percakapan ajaib selama saya ngider Seoul. 
Kok bisa sih saya selalu dikira orang Malaysia?
Hmmm.... setelah saya anรกlisis, rupanya ada beberapa alasan yang menurut saya bisa jadi jawabannya.


1. Penampilan
Karena penampilan saya yang sangat sederhana, berkerudung, berbaju panjang, dan memakai rok itu semacam memakai baju kurung ala Malaysia. Dan turis Malaysia itu kebanyakan berpenampilan sederhana macam saya. 
Secara ya, orang Indonesia yang berkerudung dan traveling di Korea itu jarang, sejarang turis Malaysia yang nggak berkerudung. 
Sedangkan penampilan orang Indonesia mau itu ABG, mbak-mbak, simbok-simbok, sampai simbah-simbah, biasanya berkostum trendy ala masa kini: celana jeans, kaos ngepres badan atau baju berpotongan aneh, dan kalau berkerudung kerudungnya model uwel-uwel. Belum lagi asesoris heboh lainnya yang pating grandul macam topi lebar lah, kacamata cengdem segede nako lah, kalung bertingkat-tingkat lah. pokoknya heboh.

2. Banyak turis Malaysia di Korea
Ya, pemegang paspor Malaysia memang bebas visa untuk bepergian ke Korea. Nggak heran, turis Malaysia di Korea itu mblader ting tlecek, dimana-mana ada. Nggak kayak kita orang Indonesia yang paspornya kurang sakti mandraguna. Kita mesti ribet ngurus visa dulu baru bisa masuk Korea. Sehingga kalau dibandingkan, orang Malaysia yang piknik ke Korea jumlahnya jauh lebih banyak daripada orang Indonesia, karena mereka mendapat kemudahan.

3. Tempat Menginap
Kebanyakan backpacker Indonesia menginap di daerah Hongdae. Sedangkan turis Malaysia banyak yang menginap di daerah Itaewon yang sekitarnya. Saya menginap di daerah Itaewon, dan banyak bertemu orang-orang Malaysia di sana. Para bakul-bakul makanan halal di Itaewon pun lebih mengenal orang Malaysia daripada Indonesia.

4. Tampang Melayu
Karena saya bertampang Melayu yang 11-12 sama tampang orang Malaysia, ya wajar kalau orang sering susah ngebedain. Lagipula banyak turis dari Indonesia itu bertampang Cina dan tampang Korea wanna be. Makanya orang lebih mengenal tampang Melayu itu sebagai Malaysian.

5. Traveling Mandiri
Kebanyakan turis Malaysia di Korea adalah traveler mandiri, meskipun tidak selalu backpacker. Biasanya mereka hanya berdua, bertiga, atau paling banyak satu keluarga berlima. Sedangkan turis Indonesia kebanyakan adalah rombongan tour travel, rombongan arisan, atau rombongan sirkus. Jumlahnya selalu banyak, rame hore dan berisik. Jarang ketemu yang cuma berdua dan anteng macam saya.


Mungkin lain kali saya harus traveling pakai baju batik, biar lebih Indonesia.

You May Also Like

6 komentar

  1. Hahahaha kalau saya biasanya dikira orang Filipina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya malah suka ngira orang Filipina itu orang Indonesia.
      Mukanya mirip-mirip sih, sampai akhirnya mereka ngomong baru ketahuan deh kalo dia orang Filipina.... hehe

      Delete
  2. Wkwkwkwk beneeeerrrr... Akupun pas ke korea kmrn dikira malaysia mulu. Tp anehnya aku ga jilbaban loh mba. Tp mungkin krn aku dan suami jalan tanpa tur kali yaa, dan kita memang lbh seneng penampilan biasa aja, ga kayak turis indo yg heboh sendiri wkwkwkwk.. Kdg kalo iseng, aku suka ngaku dr malaysia.. Toh dulu sekolahku jg di sana, jd logat ngomong masih bisalah niru-niru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saking banyaknya turis Malaysia di Korea sampe-sampe asal muka melayu dan penampilan nggak heboh pasti dikira orang Malaysia. hahaha
      tak ape lah....

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar :)