Sedikit Fakta Tentang Korea

Sedikit Fakta Tentang Korea

Sebenernya saya nggak tau banyak tentang Korea, karena saya bukan penyuka drama Korea yang begitu kesohor seantero dunia. Cuma beberapa kali aja saya nonton drakor dan mengamati kehidupan orang-orang Korea lewat drama. Lumayan penasaran juga, apa iya Korea itu sama kayak yang diceritain di drakor?

Sampai akhirnya saya datang ke Seoul dan melihat langsung kehidupan di sana. Sama nggak sih kayak yang ada di drakor?

Oke, inilah faktanya yang saya lihat selama perjalanan saya di Seoul:


1. Orang Korea rata-rata langsing

Selain karena gen & DNA yang memang dari sononya begitu, mungkin juga karena mereka banyak jalan kaki dan naik turun tangga. 
Di sana jalanannya banyak tanjakan dan turunan juga banyak tangga. Masyarakatnya rata-rata pengguna transportasi umum seperti metro dan bus (nggak ada ojek!), dimana untuk menuju halte atau stasiun mereka harus jalan kaki dan melewati tangga-tangga yang ampun-ampunan jumlahnya, terutama di stasiun metro menuju platform kereta.
Jadi selain langsing, kaki-kaki mereka dipastikan methekol jaya.
Tapi bukan berarti nggak ada yang gendut loh ya. Orang gendut di berbagai penjuru bumi tetap ada. hahhahaha

2. Porsi makanan banyak
Setiap warung atau resto di Korea umumnya selalu menyediakan porsi yang besar. Satu porsinya bisa buat berdua ukuran orang kita bahkan bertiga kalau versi perut imut-imut.
Mungkin untuk menunjang tenaga mereka karena digunakan buat jalan kaki dan naik turun tangga setiap hari.

3. Banyak iklan operasi plastik
Dimana-mana banyak banget poster iklan oplas lengkap beserta gambar-gambarnya before-after, dari yang dulunya pesok bisa jadi cuantik atau guanteng.
Memang banyak orang Korea yang melakukan oplas, sampai-sampai wajah mereka jadi terlihat mirip satu dengan lainnya.
Kalau di drakor, saya bahkan nggak bisa menghafal satu pun artis-artisnya karena menurut saya mukanya sama semua. hahahaha


4. Kacamata mereka selalu bulat
Entah kenapa setiap orang Korea yang memakai kacamata, selalu bentuk kacamatanya bulat macam harry potter, mau bulat kecil atau bulat gede, pokoknya bunder ser.

5. Fashionable

Orang Korea nggak laki nggak perempuan semua terlihat fashionable dan rapi jali. Kadang saya malah aneh ngelihatnya kalau laki-laki. Kesannya malah jadi nggak macho. hahahaha

Baca juga: What to Buy in Seoul

6. Melakukan adegan tak senonoh di tempat umum sudah biasa

Banyak pasangan yang melakukan adegan tak senonoh di tempat umum tanpa rasa malu. Meskipun Korea tradisi dan sopan santunnya masih sangat kuat, tapi gempuran budaya barat juga tak terbendung, terutama anak mudanya.
Mungkin di sana sudah biasa, tapi bagi kita orang yang beradab dan beragama agak risih juga ngeliatnya. 

7. Sibuk dengan gadget

Hampir semua orang di Korea sibuk dengan gadgednya. Di dalam kereta, bus, di jalan-jalan, semua asyik dengan gadgednya, bahkan ketika sedang ngobrol dengan teman-temannya. 
Ditunjang dengan internet di Korea terkenal yang paling cepat di dunia serta banyaknya spot wifi di sana.

8. Banyak toko skincare dan kosmetik

Korea adalah surganya skincare dan kosmetika. Nggak hanya di Myeong-dong yang tersohor sebagai pusatnya toko-toko kosmetik segala merk, tapi hampir di setiap pengkolan jalan dan stasiun-stasiun metro ada toko skincare dan kosmetik baik merk terkenal maupun merk tak terdengar.

9. Suka dandan

Saya pikir orang Korea itu asli cantik dan kempling-kempling kayak di drakor. Kenyataannya, rata-rata dari mereka adalah biasa saja. Tapi, mereka memang selalu dandan dimanapun mereka berada. Kecanggihan dempul kosmetik Korea lah yang menyulap mereka menjadi cantik dan kempling. hahahaha

10. Makan mie langsung dari pancinya

Orang Korea suka banget makan mie, mirip anak kos di negara kita yang hobinya makan mie instant di segala suasana. Bedanya, orang Korea makan mie langsung dari pancinya. Mereka beralasan, kalau mie dipindahin ke mangkok jadi kurang panas, sedangkan mie enaknya dimakan panas-panas.

Baca juga: Serba Serbi Seoul

11. Suka norton drama Korea

Saking cintanya mereka dengan produk dalam negeri, mereka pun sehari-hari nontonnya drakor. Nggak di rumah nggak di metro nggak di bus, remaja, tua, muda, emak-emak, pokoknya dimanapun mereka berada, pokoknya mereka nonton drakor.
Nggak kayak di Indonesia dimana sinetronnya nggak ada yang bermutu dan hanya ditonton sama emak-emak yang kurang hiburan dan kurang kerjaan.

12. Ramah dan sopan

Orang Korea rata-rata ramah dan sopan. Mereka biasanya menyapa atau meminta maaf dengan sedikit membungkukkan badan mirip orang Jepang.

13. Suka minum (minuman keras)

Korea adalah negara pengkonsumsi alkohol tertinggi di dunia. Persis seperti di drakor, orang Korea itu hobinya minum. Mulai dari soju, bir, dan minuman lainnya. Kalau mereka mabuk di pesta atau di club, dilarang pulang mengendarai mobil sendiri. Mereka wajib naik taksi atau menyewa sopir.
Makanya di daerah yang banyak bar dan club selalu ada taksi mangkal, juga ada layanan sewa sopir bagi yang membawa mobil sendiri.

14. Kembaran baju

Di drakor sering lihat pasangan pada kembaran baju? Nah, kenyataannya di TKP memang benar adanya. Banyak pasangan sliwar sliwer dengan baju yang sama, sweater sama, sepatu sama. Pokoke kompak gitu lah cewek cowok.


15. Kunci pintu digital
Semua rumah di Korea sudah tidak lagi menggunakan kunci pintu manual, melainkan menggunakan kunci pintu digital dengan kode angka, ada juga yang ditambah dengan scan telapak tangan atau sidik jari sebelum memejet kode angka.  

Baca juga: Apa Iya Cowok-Cewek Korea Cakep-Cakep?

16. Cinta produksi dalam negeri
Orang Korea sangat cinta produk-produk buatan dalam negeri Korea. Barang-barang yang mereka pakai ya seputar produk Korea seperti Samsung, LG, KIA, Hyundai, dll. Sejarah mencatat bahwa kecintaan mereka terhadap produk dalam negeri inilah yang menghantarkan Korea menjadi negara maju.

17. Air putih gratis
Warung atau restoran di Korea selalu menyajikan minum air putih gratis di setiap meja. Biasanya air putihnya dingin. Di beberapa warung ada juga dispenser yang kalau teko kamu di meja airnya habis, bisa isi ulang sendiri di dispenser. 





6 komentar

  1. nomor 10 yang kadang bikin amazed ya makan langsung dari panci hahahah mungkin biar tetep panas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bener banget, supaya mie tetep panas :D

      Delete
  2. Saya juga sering lihat di drakor itu mereka kalau makan mie langsung dari pancinya...
    Kata suami yang udah pernah ke sana wajah asli orang korea ga ada di drakor.
    Oya kalau di tolnya udah sistem automatic semua, masuk tol ga pakai antri langsung wusss, ntar tagihan langsung ke rekening. Ini biasanya yang sering saya obrolin sama suami kalau lagi di tol dan antri di pintu tol. Kapannn ya di sini.. Di sana ga pakai kartu tambahan lagi, langsung rekening yang sudah ada. Bener ga sih mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak...
      Wajah asli orang Korea rata-rata nggak seganteng di drakor.
      Tapi ada kok beberapa yang cantik dan ganteng. Ya, mirip-mirip di Indonesia lah, yang standar banyak, yang cakep juga ada meskipun asli tanpa oplas.
      Pemilik guest house yang saya tempati tergolong ganteng seperti oppa-oppa di drakor, malah lebih ganteng, lho...


      Hampir di semua negara maju, pembayaran tol menggunakan On-Board unit. Di Korea pun sama, pakai OBu yang terintegrasi dengan kartu Hi-Pass.
      Di Jakarta sudah ada loket tol dengan OBu, tapi biasanya cuma 1 diantara segambreng loket yang ada. hehehe

      Delete
  3. makan mie dalam pancinya adalah impian, diseruput, kunyah, telen...

    *kebanyakan nonton drakor

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku punya panci koreanya, tinggal masak ramyun ntar kalo udah mateng aku pamerin ke kamu.
      hahahahahaha

      Delete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,