Traveling Nggak Harus Nunggu Kaya

traveling nggak harus nunggu kaya

Temen-temen saya sering ngatain saya 'banyak duit' karena saya sering traveling. Alhamdulillah ya, di-AAMIIN-kan aja. 
Soalnya saya emang horang kayah. *lambai-lambai duit*   *minta dikeplak*

Tapi jangan salah, kata siapa traveling itu hanya buat orang kaya?

Saya cuma mbak-mbak kantoran biasa (baca: kroco mumet banget), yang gajinya yaaaa segitu aja, yang pasti cukup lah buat makan, bayar kos-kosan, sama beli tiket pulang kampung sebulan sekali. Sisanya ditabung, setelah tetep memenuhi kewajiban sama الله
Mobil? sepeda motor? nggak punya! Alhamdulillah sekarang udah ada ojol.
Rumah? nggak punya! cukup ngekos dengan kamar seuprit.
Kartu kredit? nggak punya! karena saya nggak hobi ngutang.
Apartemen? Kondominium? opo meneh iki.... yo jelas ora ndue!
Dibilang miskin dan kasihan nggak punya apa-apa? Yo ben!
Uang nggak banyak, tapi cukup dan yang penting selalu bersyukurAlhamdulillah.

Karena kalau kita bersyukur, maka الله akan tambahkan nikmat lebih banyak lagi. 

 الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Yes, saya memang nggak punya harta melimpah, cuma punya malu dan iman yang kadang naik kadang turun macam mainan anak TK: jungkat jungkit. 

Banyak orang yang berfikiran bahwa traveling itu nggak penting, cuma ngabisin duit dan waktu aja, nggak ada hasil dan manfaatnya.

Baca juga: Selalu Dikira Orang Malaysia di Korea

Menurut saya sih, traveling itu penting dan bermanfaat banget loh, buat refreshing, tadabbur alam, melatih keberanian, meningkatkan iman, lebih bersyukur, nambah teman, sekaligus menambah ilmu dan pengalaman. 
Efek samping dari traveling itu cuma ketagihan. Biasanya kalo habis pulang dari satu destinasi, udah pengen pergi lagi ke destinasi lainnya. Kaki rasanya gatel pingin jalan aja gitu. hehehe

Banyak temen saya yang penasaran, kok bisa saya sering traveling, ditengah krisis ekonomi menahun yang melanda Indonesia.
Jawabannya: Ya bisa lah....
Caranya: Nabung dan nggak ikut arus anak gaul Jakarta. ha ha ha

Biasanya nih, orang-orang susah nabung karena pada terseret gaya hidup hedonis yang suka ngumpulin harta benda meskipun kondisi keuangannya tak menentu. Beli barang bukan karena kebutuhan tapi karena gaya hidup/trend/gengsi/dan alasan nggak penting lainnya. 
Meskipun belum mampu dan masih ada alternatif lain, tapi tetap dipaksakan beli dengan cara hutang/kredit, meski ngos-ngosan bayar cicilannya.
"kalo punya barang (rumah/mobil/dll) kan biar keliatan hasil kerjanya", 
"biar orang tau kalo kita kerja, hasilnya ini", 
"masa udah kerja sekian tahun nggak punya rumah? nggak punya mobil?'
"gengsi dong, masa ngopi cuma di warung kaki lima, ngopi ya harus di setarbak", 
begitu kata orang-orang. Tetep ya, ujung-ujungnya adalah gengsi dan 'pamer'. cih!

Yo pantes aja pada nggak mikirin traveling, soalnya traveling kan nggak keliatan wujud bendanya. Nggak ada yang bisa dipamerin ke tetangga se-kampung kalo punya ini punya itu. Kalo cuma foto-foto doang mah hari gini bisa dicurigai kalo itu perbuatan si sotosop. Trus karena pada ngos-ngosan bayar cicilan akhirnya jadi kurang piknik, pikiran jadi gampang konslet dan susah untuk tetep menjadi waras.

Prinsip saya sih kalau saya memang butuh suatu barang (dan nggak ada alternatif lain selain beli) saya akan beli selagi saya memang mampu. Kalo butuh tapi masih ada alternatif lain selain beli ya saya akan memilih alternatif itu. Kalo belum mampu ya udah, nabung dulu, nggak punya nggak masalah. Saya nggak peduli gengsi dan nggak peduli apa kata orang, lha wong orang lain nggak mau bayarin kita juga kan. 😁
Nah, dengan begitu uang kita bisa ditabung untuk piknik.

Baca juga: Pengalaman Traveling Dengan Travel Agent

Traveling itu nggak harus mahal kok. Nggak harus ke luar negeri juga.
Kalo saya sih traveler kelas gembel alias backpacker aja yang penting dapet pengalaman & otak jadi kembali fresh supaya tetep waras. 
Modalnya cuma cari tiket paling murah/promo, buat itinerary perjalanan sesuai keinginan, nyangklong ransel/bawa koper kecil, bawa peta, nginep di hostel, naik turun angkutan umum (bus, tram, kereta, dll) dan kuat jalan kaki. 
Selain fisik, mental juga harus kuat. Harus bisa menghadapi segala kemungkinan di jalan, karena kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri.
Nggak harus ke luar negeri (cuma memang seringnya tiket ke luar negeri lebih murah dari pada ke luar Jawa). Kadang kalau duit saya belum cukup beli tiket ke luar negeri tapi kaki udah gatel pengen jalan, saya pergi aja ke rumah temen atau ke rumah saudara di luar kota atau ke rumah temen yang agak di ndeso gitu. Bisa juga piknik tipis-tipis di dalam kota. Murah meriah tapi tetep menyenangkan.
Yang penting nggak maksain diri. Kalo pas lagi kismin banget ya di rumah aja gak masalah sih, sambil browsing tujuan selanjutnya kalo udah ada duit lagi. hihihi
Pengalaman ngenes selama traveling saya sih macem-macem,
Nyasar? pernah
Dikira TKW? pernah
Diintrogasi petugas imigrasi? pernah
Salah keluar stasiun MRT? pernah
Ketahan custom? pernah
Salah terminal keberangkatan kapal? pernah
Wes pokoke banyak cerita yang seru, asyik, dan menegangkan terjadi di setiap perjalanan. Itulah pelajaran berharga yang tak bisa dinilai dengan uang. 
Sepulang traveling selalu membawa pengalaman dan ilmu yang bermanfaat, selain juga foto-foto, gantungan kunci, dan magnet kulkas sebagai kenang-kenangan. #eh

Baca juga: Traveling Menggunakan Hijab Repotkah? [Part 1]

Jadi, buat kamu yang pengen traveling tapi masih awang-awangen, cobalah sekali aja traveling, resapi maknanya, nikmati pengalamannya, nanti dijamin ketagihan. Semua itu tidak bisa dinilai dengan uang.

Yuk, travelinglah selagi muda, nggak usah nunggu kaya.
dan
Jangan lupa nabung!

8 komentar

  1. kekampleng entah berapa kali abis baca post ini. saya bukan tim hedonis sih, tapi lebih ke kaum gila kerja dan sekalinya libur hibernasi sepanjang waktu. Liburan ? mau banget jelas tapi baru sebatas niat doang. sedih :(

    www.diahestika.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, maaf ya mbak kalo kekampleng... hihhihi
      yuk mbak, niatnya mulai dilaksanakan, biar otaknya fresh. ntar biar kerjanya lebih semangat lagi sepulang liburan :D

      Delete
  2. Setuju Mbak. Traveling gak mesti nunggu kaya, lagian ga mesti traveling ala incess ya hhiii. InshaAllah dg traveling akan membentuk pribadi qt lebih baik 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak, traveling sesuai kemampuan aja. yang penting refreshing dan nambah pengalaman.
      kalo traveling ala incess bisa bangkrut jaya trus besok-besok nggak bisa traveling lagi. hahahaha

      Delete
  3. duh mbaaakkk…. makin meleleh dehhh

    ReplyDelete
  4. Leres sanget liburan ndak harus kaya. Tergantung kitanya saja menikmati hidup. Menikmati senja dan angin pantai aja itu udh liburan menurut saya. Yang terpenting momennya mnurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak...
      harus banyak bersyukur juga penting

      Delete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,