2018 Year in Review

2018 Year in Review
Sebagai travel blogger yang embuh banget, tumben-tumbenan saya niat mau ikutan 2018 Year in Review Blog Challenge dari Blogger Perempuan. Mungkin karena lagi liburan, saya jadi banyak waktu buat ngejogrok di depan leptop sepanjang hari.

Ceritanya, saya ini sudah ngeblog mulai dari tahun 2007 sebagai food blogger dan berakhir dengan blognya mejen jadi sarang laba-laba di tahun 2016 karena saya pindah dari anak rumahan menjadi anak kos yang mana peralatan tempur saya untuk memasak & baking menjadi terbatas. 
Sedih sih, mengingat menjadi food blogger itu menyenangkan karena saya nggak perlu banyak nggedabrus tapi cukup dengan men-share resep-resep sama foto hasil masakan saya aja udah beres.

Tahun 2016 akhirnya saya bikin blog baru dengan tema travel. Nekat banget deh, soalnya saya paling nggak bisa nulis. Lha padahal kan bikin travel blog  harus nulis cerita hewer-hewer gitu. 
Buat saya, menulis dan berbicara itu hal yang sangat susah sekali, karena saya lebih senang membaca dan mendengar. Dulu saya paling benci kalo disuruh mengarang dan menulis esai di pelajaran Bahasa Indonesia. Di Pelajaran Bahasa Inggris malah lebih ngenes lagi karena saya nggak mudeng. 
Entah kenapa saya selalu bingung mau nulis apa dan bingung buat merangkaikan kata-kata. Padahal poin-poin yang akan disampaikan sudah saya pikirkan dan saya gambar. Itu terjadi sampai sekarang sih. hahahaha
Makanya harap maklum kalau tulisan-tulisan di blog ini suka agak ngaco bahasanya.

Terus terang dari tahun 2016 sampai 2017 saya menulis blog sekedarnya saja dan masih agak males-malesan. Saya hanya nulis kalo pas dapet wangsit aja, yang mana proses nyari wangsitnya bisa lama banget. Maksud hati sih pengen nulis dengan detil dan lengkap, tapi apa daya saya sering cepat kehabisan kata-kata. 



Nah, di tahun 2018 saya baru benar-benar maksain banget buat nulis.
Alhamdulillah sudah 37 + tulisan ini = 38 tulisan yang saya terbitkan di blog. Tentunya meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Meskipun saya punya target bisa punya 52 tulisan, karena pengennya menerbitkan tulisan setiap Hari Jum'at yang merupakan hari penuh keberkahan. Harapannya tulisan saya juga bisa menjadi berkah buat saya dan semua yang baca. Tapi nyatanya masih banyak bolongnya. hiks
Mungkin karena masalah waktu juga sih. Sebagai mbak-mbak kantoran, saya cuma bisa fokus menulis di akhir pekan saja. Selebihnya saya nggak sempet buka laptop karena kalau udah pulang kerja langsung ngantuk, belum lagi kalau kamar diketuk temen se-kost-an terus diajak ngrumpi. Unfaedah banget memang.

Berbicara tentang travel blogger, tentu tidak lepas dari traveling sebagai bahan utama pembuatan tulisan di blog ini. 
Sebagai kroco mumet banget di sebuah kantor geje, setiap tahun saya selalu dapet tugas dinas ke luar kota. Sewaktu berdinas itulah saya selalu selipkan waktu untuk plesiran. Prinsip saya, kerjaan harus beres dulu baru plesir. Karena saya harus plesir maka saya akan cepet-cepet membereskan kerjaan saya. Intinya, kerjaan tidak boleh mengganggu waktu plesiran. hahaha
Saya juga tercatat sebagai staf yang paling rajin cuti. Dari cuti tahunan yang cuma seiprit sampai cuti alasan penting saya ambil untuk mengakomodir hobi jalan-jalan saya yang tentu saja saya pakai untuk plesiran ke luar negeri. Beberapa kali saya juga mbolos di hari Kamis dan Jum'at demi memperpanjang weekend di negeri seberang. Sebuah prestasi yang perlu ditingkatkan. hahahaha

Sudah plesir kemana aja tahun 2018?


Luar Negeri:


Dari sekian banyak bahan baku pembuatan tulisan yang saya dapat di atas, baru sekitar 20% saja yang sudah jadi tulisan, sisanya masih berupa poin-poin yang saya gambar di buku dan masih nyari wangsit buat merangkai kata-kata dan kemudian menerbitkannya. Harus semangat!


Hal yang paling berkesan selama 2018
  • Sudah lama saya berkeinginan untuk pergi ke Palestina. Saya pengen shölat di Masjid Al Aqsha. Alhamdulillah Allah ﷻ mengabulkan doa dan keinginan saya. Saya bisa ke Palestina.
  • Dari kecil saya pengen banget naik balon udara. Dalam bayangan saya, naik balon udara itu seru banget. Kita masuk dalam keranjang trus bisa terbang melayang-layang sambil lihat pemandangan dari atas. Alhamdulillah Allah ﷻ kabulkan juga keinginan masa kecil saya, naik balon udara. Saya naik balon udara di Kapadokya Turki saat akhir musim dingin di awal tahun 2018. Meski berasa mau beku karena suhu di atas sudah sampai minus, tapi saya puas banget! Nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Resolusi di tahun 2019
  • Semoga bisa posting setiap hari Jum'at (setahun mesti ada 52 tulisan). Bagusnya lagi kalau seminggu 2 kali, hari Senin dan Jum'at. Kira-kira bisa nggak ya....? 
  • Harus lebih semangat lagi belajar ngeblog yang baik dan benar biar ada peningkatan jumlah pembaca dan pendapatan. 
  • Pengen bisa lebih banyak lagi menyebarkan kebaikan melalui tulisan di blog ini. Termasuk berbagi informasi yang semoga memberikan manfaat untuk pembaca.
  • Mau plesir kemana lagi di 2019? Prinsip saya sih dimana ada tiket murah, kesanalah kaki melangkah. Semoga dapet banyak rezeki buat nemu tiket murah berbagai tujuan dan bisa dapet cuti dengan mudah. Aamiin!

Sekian,






18 komentar

  1. Waaaah mbak.. aku mupeng banget.Setahun bisa jalan -jalan ke banyak tempat. Huhuhu..pengen bangeet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhaaa.... mbak Nunung kan udah sering jalan-jalan juga... :)
      alhamdulillah ya, mbak. yang penting dapat pengalamannya.

      Delete
  2. Weh momentmu amat sangat berharga. Untungnya banget tuh foto-fotonya Yahud. Jadi meski penjelasan gak panjang lebar, fotone wes melengkapi penjelasannya. Kalo kata orang-orang " foto itu berbicara " 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal fotone juga ming motret seko hp. sak onone wae. hahahahha

      Delete
  3. Keren kata kata nya dimana ada tiket murah di situlah kaki melangkah.

    Ayo berburu tiket murah

    ReplyDelete
  4. Keren banget, Kak. Bisa pelesiran ke banyak tempat di dalam dan luar negeri. alhamdulillah, allah mahabaik, ya.
    Soal bikin tulisan setiap Jumat, semoga saja bisa diwujudkan. Tak mudah, memang, namun kuncinya manajemen diri untuk memprioritaskan hal penting daripada rumpi dengan teman kos yang nirfaedah. :)
    'Kan sayang waktunya terbatas. ngobrol boleh namun tidak pada Jumat berkah, he he.
    Semoga sukses, ya, Kak. Semangat dan tetap menulis banyak hal menarik dalam hidup.
    Salam kenal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mbak Rohyati,
      terima kasih udah mampir & memberikan semangat :)

      Delete
  5. Setuju banget: Kerjaan tidak boleh mengganggu plesiran :D
    tapi kebanyakan kantor2 disini, walaupun lagi libur/cuti masih aja suka diribetin urusan kantor. Nanya dokumen ini lah itu lah :c kan bete yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak.
      sama.
      saya juga gitu, udah cuti masih aja ada yang nelpon. males deh ngangkatnya... hahahha

      Delete
  6. Mbak..salam kenal, baru kali ini berkunjung di-blog mbak Dita, keren banget jalan jalannya sudah melang lang buana...kalau saya mainnya kurang jauh hihihi. semoga target Blogging tahun 2019 tercapai ya mbak...Salam Kukuruyuk dari Semarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal Bunda Dirga. saya orang Semarang juga lho, bun...
      makasih ya udah mampir ke sini,
      insyaAllah nanti Bunda Dirga juga bisa melanglang buana :D

      Delete
  7. Wahhh keren sekali plesiran thn 2018 nya..banyak tmpt yg didatangi menambah wawasan dan pengalaman ya..semoga 2019 lebih keren lagi mbak :)

    ReplyDelete
  8. MasyaALLAH, Semoga di tahun 2019 ini semua keinginan mba dita bisa terwujud ya.. Aamiin. btw masjidil aqso InsyaAllah sudah didepan mata saya hhehe, tinggal menggenapi mimpi ke cappadocia lagi nih. kujuga pengen banget kesana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah mbak Rizka, nanti habis dari Aqso naik balon ke Cappadocia lagi ya... :D

      Delete
  9. Wakakaka ngakak saya bacanya,
    Iya bener kl blig resep palingan cm butuh preambule dikit labgsung eksekusi, selesai. Sejam juga kelar asal foto komplit.

    Nah ini saya juga lg belajar nggedabrus nih buat blog sy yg baru, isinya sih masih gaje, karena itu saya kudu belajar nggedabrus yg fasih dr para sesuhu blogger nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog barunya mbak Sera udah ketje nggedabrusnya. hihhhihi
      saya juga juga lagi niat maksain belajar nggedabrus meski susaaaah banget rasanya macam ngisi soal pas ujian akuntansi & biologi. hihhihihi

      Delete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.