Drama TeKaWe [Hong Kong]

drama buruh migran indonesia di hong kong

Entah mengapa, kalau mendengar kata Hong Kong, yang terbesit di pikiran saya adalah TKW. hihihi...
Mungkin karena Hong Kong adalah negara yang cukup populer dan menjadi incaran para Buruh Migran Indonesia (BMI) alias Tenaga Kerja Wanita (TKW) dari Indonesia.



Sewaktu saya traveling ke Hong Kong, yang namanya TKW memang betebaran dengan gegap gempita dari pusat sampai ke pinggiran kota, dari keramaian sampai ujung berung yang sepi, sampai-sampai saya mungkin juga dikira TKW kalau pas nggak gendong ransel. hihihi


Penampilan mereka juga macem-macem banget, ada yang berhijab syar'i, yang modis ala artis, yang biasa ala gadis desa, yang rambutnya warna-warni, yang bajunya ntah apa modelnya, sampai yang norak-norak bergembira. Begitupula perilakunya, dari yang sopan, ramah, baik hati, sampai yang ngisin-ngisini nusa dan bangsa, semua ada. komplit!

Pengalaman ngobrol pertama adalah saat saya di Nan Lian Garden. Saya ketemu 2 orang mbak-mbak TKW, masih muda belia. Mereka sedang asik sibuk foto-foto bergantian dengan berbagai pose di taman. Saya samperin mereka, saya menawarkan untuk membantu memfoto mereka berdua [ya kali mereka pingin punya foto berdua gitu, secara tongsis dilarang dipakai di Nan Lian Garden]. 
Dari sini obrolan remeh temeh pun berlanjut, kebetulan tujuan kami selanjutnya satu arah, sehingga kami naik MTR bareng.
Dari obrolan ini setidaknya saya tahu bahwa mbak A baru lulus SMP langsung kerja ke Hong Kong (saya curiga umur di dokumen dipalsukan/dituakan supaya lolos persyaratan jadi TKW), mbak B lulusan SMA. Pada hari Sabtu-Minggu adalah hari libur mereka, jadi mereka memanfaatkan untuk rekreasi. Suka duka mbak A dan mbak B menjalani kehidupan jadi TKW rata-rata sama, suka karena gajinya lebih besar dibanding kerja di Indonesia, duka karena jauh dari keluarga dan hanya bisa pulang 2 tahun sekali. Kalau Lebaran tiba, mereka harus tetap bekerja seperti biasa dan cuma bisa nelongso membayangkan ramenya suasana lebaran bersama keluarga lengkap dengan sedapnya masakan khas di kampung halaman.

Baca juga: Jalan-Jalan ke The Peak Hong Kong

Di port of visa Shenzhen saya ketemu sekelompok mbak-mbak TKW yang sedang memperpanjang izin tinggal. Sempat ngobrol sebentar dengan mbak C dan mbak D.

Kira-kira percakapannya seperti ini:

Saya [S]: Betah mbak kerja di Hong Kong?
Mbak C & D: ya dibetah-betahin, mbak. Soalnya butuh uang buat anak di kampung.
Mbak C: Saya pengennya sih sebentar aja kerja, mbak. Kasihan suami saya di kampung. Tapi ya gimana lagi, anak saya masih butuh uang buat sekolah.
Mbak D: Kalau saya juga butuh uang buat anak. Soalnya saya nggak punya suami.
Mbak C: Saya pengennya nabung juga, mbak. Buat modal usaha. Saya nggak mau selamanya jadi TKW.
Obrolan saya selanjutnya dengan mbak E, yang ketemu di imigrasi Hongkong dari Shenzhen. Sepanjang imigrasi sampai di MTR kami asyik ngobrol. 
Mbak E ini kisah hidupnya lebih dramatis. Saya sampai mau nangis denger ceritanya. 
Mbak E kerja di Hong Kong karena 'lari dari kenyataan' hidupnya di kampung. Dikhianati suami dan dia harus menanggung biaya hidup anaknya dengan kondisi anak yang sumbing total dan harus operasi 3x bahkan mungkin bisa lebih. Betapa berat beban hidup di usianya yang masih muda 😿.
Mbak E bekerja mengasuh orang tua (lansia). Majikan mbak E ini bawel banget dan begitu membenci mbak E. Meski anak-anaknya majikan lansia ini begitu baik.  Tapi akhirnya mbak E dipecat si majikan. Sewaktu saya ketemu, mbak E sedang mengurus syarat kontrak dengan majikan yang baru. [saya cuma bisa berdoa semoga mbak E hidupnya lebih baik].

Karena saya kelaparan habis mbolang di Shenzhen, mbak E merekomendasikan saya untuk pergi ke Kowloon Park, karena di Kowloon Park dekat dengan hostel saya dan ada banyak TKW yang jualan makanan di hari Sabtu-Minggu.
perkumpulan mbak-mbak TKW kala weekend sambil buka lapak di Kowloon Park
perkumpulan mbak-mbak TKW sambil buka lapak di Kowloon Park
Sampailah saya di Kowloon Park,
Takjub banget liat seombyok mbak-mbak TKW yang lagi kumpul-kumpul di beberapa spot di taman. Banyak yang buka lapak lesehan, meskipun waktu saya datang sudah banyak yang tutup lapak, karena sudah menjelang malam. Pokoknya rame hore serasa di Pasar Beringharjo. hi..hi...

Baca juga: Makan Dim Sum Halal di Islamic Centre Canteen Hong Kong

Saya mulai menyapa salah satu TKW yang berjenis ibu-ibu, untuk membeli makan.
Si ibu langsung menyambut saya dengan gegap gempita, menawarkan menu, dan kemudian mengambilkan seporsi nasi ayam lengkap dengan sambal, terong bakar, teri kacang, dan lalapan. Tak lupa minuman dan sarung tangan plastik buat muluk, biar tangannya tetep bersih. 
Rasa makanan ini ENAK BANGET! dan harganya MURAH meriah.

Ibu ini ramah dan baik banget, ngajak ngobrol ini-itu tentang pengalaman dia yang sudah melanglang buana jadi TKW selama 20 tahun dan Hong Kong sudah seperti rumah sendiri. 
Ibu pun sudah berhasil membiayai 2 anaknya sampai jadi sarjana, satu lagi anaknya masih SMA. Mbak-mbak TKW lain pun semangat ikutan nimbrung ngobrol menceritakan kisahnya masing-masing. Saya jadi mirip ibu pejabat DPR/MPR yang lagi menyambangi konstituent di dapil. 

Sewaktu saya berpamitan untuk kembali ke hostel, si ibu sempat memberi saya seplastik rempeyek jualannya yang rasanya enak banget dan memberikan pelukan hangat seperti dengan anak sendiri. Begitu juga mbak-mbak yang lain. Mereka juga meminta doa supaya bisa pulang ke Indonesia dan memiliki kehidupan yang lebih baik. [saya jadi mbrebes mili😭]. 
nasi ayam goreng ala mbak TKW Hong Kong yang jualan di Kowloon Park
nasi ayam goreng ples sambel jualannya mbak-mbak TKW. rasanya enaaaak banget!
Selain bekerja, tamasya, nongkrong, belanja, ngegosip, para TKW ini juga melakukan kegiatan positif: mengaji.
Kelompok pengajian ini saya temui sewaktu saya mampir shalat setelah kekenyangan makan dim sum di Masjid Ammar. 
Suara merdu mbak-mbak yang lagi tilawah di sini benar-benar membuat saya serasa di Indonesia dan tiba-tiba pipi saya basah oleh air mata. 
pengajian mbak-mbak TKW di Masjid Ammar daerah Wan Chai
pengajian mbak-mbak TKW di Masjid Ammar
Baca juga: Masjid Ammar and Osman Ramju Saddick Islamic Centre Hong Kong

Kesan Jagungmanis:
  • TKW di Hong Kong ini rata-rata relatif ramah dan baik. Mereka 'guyub', selalu menyapa siapapun sesama orang Indonesia. Mereka pun kalau ketemu selalu memakai bahasa Indonesia atau bahasa daerah. Tidak seperti kebanyakan TKW di Malaysia yang biasanya berbahasa melayu dan kalau ketemu sesama orang Indonesia cuek nggak mau menyapa. Entah karena malu atau karena gengsi.
  • Sempatkan mampir ke Kowloon Park dan Victoria Park di hari Sabtu-Minggu, karena di sana kamu bisa makan makanan Indonesia yang enak, halal dan murah meriah yang dijual mbak-mbak TKW.  Mulai dari ayam penyet, ikan goreng, pecel, sampai bakso ada di sana plus bonus cerita-cerita seru dari mereka.

9 komentar

  1. Mbak, jualannya sampai malam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu saya ke sana sih sekitar habis maghrib, mereka sudah banyak yang tutup.
      Tinggal beberapa aja yang kemas-kemas tapi masih melayani pembeli seperti di lapak ibu yang dagangannya saya beli.

      Delete
  2. Jaman smp dulu aku prnh punya temen pena ngak taunya dia tkw di hong kong. Tiap tahun kirimin barang kyk barang2 yg ada wajah Jimmy Lin ama Andy Lau buat hadiah. Tapi suatu masa orangnya udh ngak bales2 lg surat saya, tapi tiap inget tkw hong kong saya selalu ingat mbak Sunny :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, punya kisah juga ya sama TKW Hong Kong :)
      semoga mbak Sunny-nya udah punya kehidupan yang lebih baik ya, mbak...

      Delete
  3. aku jadi inget sahabat SMAku mba selepas lulus SMA dg berat hati krn tidak mampu lanjut pendidikan akhirnyanke Hongkong, dan yg paling sedih saat ayahnya meninggal aku ga boleh ngabarin dy krn kata keluarganya yg dirumah biar dy konsen kerja disana.

    baca pengalaman mba aku jd mbrebes mili saking krn kebutuhan harus jauh dr keluarga y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih ya, mbak :(
      waktu itu juga ada yang cerita sih, kalo pas keluarganya meninggal mereka nggak bisa pulang karena terikat kontrak.

      Delete
  4. Waaa mbakkk tulisannya asik banget ^^
    paling suka dengan part "ngisin-ngisini nusa dan bangsa" yampun ngakakkkk

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar, tapi mohon maaf komentar saya moderasi karena banyaknya spam.
Mohon untuk tidak menyertakan link hidup, ya...
thanks,