Wisata Kuliner Kota Cirebon [Indonesia]

by - Saturday, August 26, 2017


Tiga hari saya menjelajah Kota Cirebon, lumayan banyak kuliner yang bisa dicoba. Apa aja? yuk, disimak



1. Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud

empal gentong

Ini makanan wajib yang harus dicoba jika kalian singgah di Cirebon. Lupakan diet sejenak, karena empal gentong ini mengandung daging sapi dan kuah santan. Kalau suka pedas bisa ditambahkan sambal yang berupa cabai merah bubuk.
Selain menjual empal gentong, rumah makan ini juga ada empal asem, sate kambing, dan nasi lengko.

empal asem

Empal asem ini kuahnya bening, rasanya asem dari belimbing wuluh/belimbing sayur. Isinya sama dengan empal gentong, yaitu potongan daging sapi. Lebih sedap jika ditambah sambal cabai rawit hijau.

Harga:
Empal gentong 23.000/porsi
Empal asem 22.000/porsi
Sate kambing 4.000/tusuk
nasi putih 5000/porsi
nasi lengko 15.000/porsi
kerupuk aci 500/buah
Es teh manis 3.000/gelas
Es jeruk 8.000/gelas
Pajak 10%

Alamat:
Pusat ---> Jl. Ir. H. Djuanda No. 24, Battembat, Plered - Cirebon (Hp. 085115349177)
Cabang ---> Jl. Tuparev No. 43 B, Cirebon (Hp.  085221163530/085212370699)

Buka dari jam 9:00 sampai jam 21:00 WIB.
Ada musholla.



2. Nasi Jamblang Ibad Otoy

Nasi Jamblang

Nama nasi jamblang konon berasal dari sebuah nama desa di sebelah barat kota Cirebon, yakni desa Jamblang. Wujudnya berupa nasi sak ipet (sedikit banget, kira-kira sekepalan tangan) yang dibungkus dengan daun jati. Lauknya ada bebagai macam jenis, bisa dipilih sendiri sesuai selera. 
Ada banyak warung nasi jamblang di Kota Cirebon, ada yang buka pagi, ada juga yang buka sore sampai malam. Kemarin sopir mengarahkan saya ke nasi jamblang Ibad Otoy. Katanya, ini salah satu yang paling rame.

Berbagai jenis lauk nasi jamblang

Saya pesan nasi 1, pepes telur rajungan, cumi batok masak item, sate usus sama sambal jamblang. Rasanya menurut saya sih standar aja ya, sambalnya pun nggak pedes blas. Cuma sensasi makan di daun jati aja yang mungkin menarik, karena jarang-jarang ditemui di kota lain.

Untuk makan malam 3 porsi dengan berbagai lauk dan minum, saya merogoh kocek 89.000 rupiah.

Alamat:
Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo (komplek AL), Pekiringan, Kesambi, Cirebon
Hp. 081324077789


3. Nasi Lengko Pagongan H. Barno

Nasi Lengko

Nasi lengko ini makanan yang paling aneh menurut saya. Terdiri dari nasi, potongan tahu & tempe goreng, taoge rebus, daun kucai, cacahan ketimun, disiram kuah kacang seicrit dan kecap, taburan bawang merah goreng. udah gitu doang. Disajikan terpisah sama sate kambing.
Warung nasi Lengko Pagongan H. Barno ini paling terkenal di Cirebon. Selalu rame dari pagi sampai malam.

Rasanya gimana? ajaib! dan ternyata saya nggak doyan, meski udah dicampur sambal yang ternyata nggak pedes dan dijejali sate kambing banyak, supaya nasi lengkonya nggak terasa, tetep aja merem melek makannya. Untung saya cuma pesan setengah porsi. ahhahaha

Harga:
Nasi Lengko 13.000/porsi
Sate kambing 4.000/tusuk
Es Jeruk 10.000/gelas
Teh tawar hangat 1.000/gelas
Pajak 10%

Alamat:
Jl. Pagongan 15B, Cirebon
Hp. 082115955188


4. Bubur Sop Ayam M. Kapi

Bubur Sop Ayam

Penampakan bubur sop ayam ini dari jelmaan bubur ayam campur sop ayam, yang rasanya mirip soto ayam. Bingung kan? sama, saya juga!
Terdiri dari bubur kental/menggumpal (lebih mirip nasi benyek), soun, irisan kentang rebus sedikit, irisan kol sedikit, irisan tomat sedikit, ayam suwir, disiram kuah kaldu ayam bening yang warnanya agak kuning, ditaburi bawang merah goreng, daun bawang, kacang kedelai, kerupuk. Dimakan dengan sambal lebih nikmat.

Bubur sop ayam M. Kapi ini hanya berjualan di malam hari, karena gerobak kali limanya mangkal di teras depan toko yang sudah tutup.
Disebelahnya gerobaknya ada penjual sate ayam, sate kambing, nasi lengko, dan aneka minuman. Bisa sekalian dibeli buat melengkapi kenikmatan bubur sop ayam ini.

Alamat:
Jl. Tentara Pelajar no. 36 Cirebon


5. Mi Koclok Panjunan

Mi Koclok

Penampakannya mirip bubur ayam, tapi rasanya mirip mi celor Palembang.
Ya! Kuliner di Cirebon memang unik dan ngebingungin. Tapi Mi Koclok ini menu yang paling favorit buat saya selama di Cirebon, karena rasanya "normal". hahahaha
Mi Koclok ini semacam mi celor atau mi yang cara masaknya dicelor di air panas bersama taoge, trus dituang ke piring. Kemudian disiram kuah santan yang kental (karena dicampur larutan maizena), ditaburi ayam cincang, irisan telur rebus, dan bawang merah goreng.
Bedanya Mi Koclok Cirebon dengan Mi Celor Palembang, kalau Mi Celor asalnya dari udang, kalau Mi Koclok dari ayam. tapi cita rasanya mirip dan sejenis penampakannya.

tampak depan warung mie koclok

warung mi koclok panjunan tidak terlalu besar, tapi selalu ramai meski terletak di dalam gang kawasan kampung arab, tidak jauh dari Masjid Bata Merah. Buka sore sampai malam.

Alamat:
Jl. Pekarungan No. 104, Panjunan, Lemah Wungkuk - Cirebon


6. Gado-Gado Ayam Hj. Tarkanci

Gado-Gado Ayam

Satu lagi menu ajaib yang tidak boleh dilewatkan jika kamu singgah di Cirebon. Namanya gado-gado ayam. Penampakannya mirip lontong sayur, rasanya perpaduan lontong opor dan bubur ayam kuah kuning.
Terdiri dari lontong, ayam kampung suwir, irisan telur rebus, potongan tahu, potongan kentang rebus, disiram kuah opor dan ditaburi bawang merah goreng.
Rasanya enak kok, saya doyan.


tampak depan warung gado-gado ayam

Gado-Gado ayam Hj. Tarakanci ini hanya buka pagi sampai siang. Dijual oleh seorang nenek-nenek yang sudah renta, diracik dengan sepenuh hati sehingga menghasilkan rasa yang maknyus.

Harga:
Gado-gado ayam 20.000/porsi
teh gratis

Alamat:
Jl. Kembar - Cirebon
kira-kira 100 m dari pertigaan jl. Lawang Gada, 
sebelah kanan jalan, seberang rel kereta Stasiun Prujakan Cirebon


7. Tahu Gejrot

tahu gejrot

Makanan ini aseli Cirebon tapi sudah banyak beredar di berbagai kota di Indonesia.
Di Cirebon, penjual tahu gejrot banyak ditemui di mana-mana. Dijual dengan pikulan yang terdiri dari 2 keranjang besar di kanan-kiri, ada juga yang dijual di gerobak dorong.
Seporsi tahu gejrot disajikan di cobek tanah liat kecil, terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, cabai rawit yang diuleg langsung di cobek, tahu pong yang diiris, kemudian disiram dengan air gula merah.
Harganya murah meriah, sekitar 5.000 - 6.000 saja.

------------------------------------------------
kondisi di Agustus 2017

You May Also Like

8 komentar

  1. Aduuuh bikin ngiler ajah! Suamiku dulu dina di Cirebon, waah, seneng banget deh wiskulan di sana ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak Putu Ayu,
      makasih ya udah mampir :)
      saya kemarin cuma dinas 3 hari aja pulang langsung gendut jaya. hahaha
      Semua dicobain dari makanan berat sampe jajanan ringan. Manteb pokoknya :D

      Delete
  2. baru tahu lho ada kuliner gado-gado ayam, tahunya sayur aja.


    anggiputri.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Anggi,
      Thanks ya udah mampir :D
      saya juga baru tau ada gado-gado ayam setelah sampai di Cirebon, dan bentuknya beda banget sama gado-gado sayur. hehehe

      Delete
  3. Jadi, mi koclok itu mi atau bubur?
    Ngeliat fotonya...kayaknya yang putih seperti bubur itu kuah santan kental ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Triani,
      Mi koclok itu mie yang disiram kuah santan yang diberi larutan maizena. Jadi kuahnya kental.
      Sekilas penampakan memang seperti bubur ya, soalnya mie nya ketutupan kuah. Hehehehe

      Makasih ya mbak, udah mampir :D

      Delete
  4. menurut ku tetap empal gentong sama sate kambing muda nya H Apud yg paling enak.. tapi penasaran sih sama mie koclok.. next time klo ke cirebon cobain itu deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Nike,
      Empal gentong sama sate kambing yang juicy memang favorit semua orang kalo ke Cirebon, ya. Soalnya rasa dan bentuknya "normal".
      Silakan dicoba mie kocloknya.
      Kalo saya, ada satu makanan yang belum sempat coba: docang.
      Nanti kalo ada kesempatan kesana lagi mau coba. :D

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar :)