Gerbang Namdaemun | 남대문 [Korea Selatan]


Gerbang Namdaemun (남대문) atau nama lainnya Sungyemun (숭례문 ) adalah gerbang kota terbesar yang terletak di sebelah Selatan dan berstatus sebagai Harta Nasional Korea No. 1. Gerbang ini merupakan salah satu objek wisata gratis yang instagramable di Seoul.







Ini adalah gerbang yang saya datangi pertama kali sewaktu sampai di Seoul, sewaktu kawan saya ngebet pengen belanja di pasar Namdaemun yang berujung nggak beli apa-apa.
Gerbang ini memang dekat dengan pasar Namdaemun. tinggal ngesot juga sampai.
Waktu saya ke sana, lumayan sepi, cuma ada bapak penjaga pintu masuk yang sangat ramah dan penjaga gerbang yang sedang bertugas. Jadi bisa puas foto-foto deh... 
Nggak lama kemudian berdatanganlah turis-turis lain. Rupanya saat itu pas jam atraksi pergantian penjaga gerbang.
Lumayan juga bisa sambil nonton atraksi gratisan. hehehe


peta dan informasi
Rute yang saya pakai untuk ke sini adalah dari Stasiun Hoehyeon (Seoul Subway Line 4), Exit 5, kemudian jalan kaki sampai TKP, sekitar 5 - 10 menit (kurang lebih sejauh 400 m).


"Sungnyemun (崇禮門)"

Gerbang tua Namdaemun atau Gerbang Selatan berusia sekitar 600 tahun yang dibangun untuk melindungi ibukota Dinasti Joseon yang berkuasa di Semenanjung Korea mulai 1392 hingga pendudukan Jepang pada 1910.
Sebagian besar struktur pintu dan bangunan di atasnya serta atapnya menggunakan bahan dari kayu, dengan tembok benteng dan 'plengkung' dari batu.
Gerbang ini pernah terbakar di tahun 2008 dan kemudian direstorasi sesuai aslinya dan kembali dibuka untuk umum di tahun 2013.


atraksi pergantian penjaga gerbang
bisa foto sama penjaganya

Jadwal atraksi (bisa dilihat pengumumannya di depan pintu masuk):
Setiap hari, kecuali Senin.
> Gate Guard Performance: jam 10:00 - 12:00 / 13:00 - 16:30
> Changing Ceremony of royal guard and patrol ceremony: 11:40 - 11:46
> Martial arts performance: 
    Juni, September - Oktober: 16:00 - 16:30, setiap Sabtu.


penampakan dari pintu masuk



Sungnyemun (숭례문) atau Namdaemun (남대문) 
40, Sejong-daero, Jung-gu, Seoul 
서울특별시 중구 세종대로 40 (남대문로4가)


Petunjuk Arah:
1. Stasiun Seoul (Seoul Subway Line 1, 4, jalur bandara), Exit 4.
Berjalan lurus 250m sampai tiba di Gerbang Sungnyemun.

2. Stasiun Hoehyeon (Seoul Subway Line 4), Exit 5.
Jalan lurus sampai kolong fly over, belok kanan. Lurus sampai ketemu jalan besar, belok kiri. Jalan lurus aja.

3. Stasiun City Hall (Seoul Subway Line 1, 2), Exit 8.
Berjalan lurus 430m sampai tiba di Gerbang Sungnyemun.

Jam Operasional:

Selasa - Minggu : 9:00-18:00
 * Winter (November - Januari) : 09:00 - 17:30
 * Summer (Juni - Agustus): 09:00 - 18:30
Special Visit (terbatas 20 pengunjung) : Sabtu 11:00, 13:00, 15:00, Minggu 13:00, 14:00, 15:00.
Senin Tutup.

Biaya: 

Gratis

Peta:  
GPS Coordinates (Longitude and Latitude): 37.56005, 126.97540.



Kondisi Oktober 2017

Share:

4 komentar

  1. Seru yaa, aku juga pengen kesana.. tapi budgetnya yang gak kuat hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. rajin nabung mbak, sedikit-sedikit pasti kuat nanti budgetnya :)

      Delete
  2. Pingin deh ngeliat upacara pergantian penjaga di sana.. Pasti menarik minat wisatawan ya atraksi kayak gitu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak
      mereka selalu bikin atraksi pergantian penjaga di setiap istana dan gerbang-gerbangnya untuk menarik minat wisatawan.
      semuanya gratis pula :)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar :)

NO SPAM! NO SARA!